Banjir di Desa Orifola, 18 Rumah Warga Terendam

  • Whatsapp

KEPULAUAN SULA,beritaLima,com – Hujan mengguyur Desa Orifola, Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Provinsi Maluku Utara (Malut), sehingga menyebabkan banjir di sejumlah kawasan permukiman warga.

Hujan mengguyur diwilayah itu sejak Sabtu (07/08/2021) dini hari sekitar pukul 18.30 Wit, membuat 18 rumah terendam banjir. akibat dari meluapnya kali waifatu yang berada tepat di sebelah barat desa dan kali wainin yang berada di sebelah timur.

“Air mulai meluap dan masuk ke pemukiman warga kurang lebih 1 cm, “ungkap salah seorang warga Desa Orifola, Faruk Umasangadji.

Menurut Faruk, saat ini warga sedikit panik, sebab listrik PLN juga padam, luapan air makin meningkat dan mulai masuk ke rumah warga. namun pada pukul 10.00 Wit, Hujan mulai redah, kondisi banjir juga sudah menurun, sehingga warga melakukan kebersihan rumah yang tergenang banji, “kata Faruk.

Sementara itu, Kapala Desa Urifoala, F. Sofyan Pora, mengatakan bahwa ada 18 rumah warga yang terendam banjir tidak ada korban jiwa, “ujar Sofyan.

Lantut Sofyan, Kami pihak pemerintah Desa sudah upayakan melakukan pencegahan banjir seperti talut serta draenasi di Desa Urifola, namun tindakan banjir cukup berat, sehingga air bisa melewati tempat pelindung banjir yang sudah di buat, “katanya.

Dia juga suda memberi informasi kepada pemerintah daerah, khususnya,Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sula melalui via telepon, namun sampai saat ini petugas belum ada yang datang di Desa Urifola, “ungkapnya.

“Untuk sementara Personil Bhabinkamtibmas dan babinsa Desa Urifola bekerja sama untuk membantu warga yang kena dampak banjir, “tutup Sofyan. [dn]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait