Bawa Mantan Dubes, Pesawat Mendarat Darurat Di Sawah

  • Whatsapp

PONOROGO, beritalima.com- Pesawat jenis Aviat Husky yang membawa mantan Duta Besar Indonesia untuk Canada dari Jakarta tujuan Pacitan, mendarat darurat di area persawahan Desa Carangrejo Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Minggu 13 Agustus 2017, sekitar pukul 12.35 WIB.

Pesawat milik KONI DKI dengan nomor ekor 0109 buatan tahun 1992 dengan kapasitas BBM 150 liter ini, dipiloti oleh Sukandar (73) dengan Co pilot Joko Hartono (69), yang juga mantan Duta Besar RI untuk Canada.

Pesawat ini berangkat dari landasan terbang Pondok Cabe Jakarta Selatan pukul 07.00 WIB dengan tujuan Pacitan. Namun setelah tiba di wilayah udara Pacitan, pesawat batal landing karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan.

Selanjutnya pesawat bermadsud menuju Solo utuk mengisi bahan bakar avgas. Sekitar pukul 12.30 WIB, pesawat melintas di wilayah udara Kabupaten Ponorogo. Pada saat itulah, pilot melihat lampu indikator bahan bakar menyala menunjukkan bahwa bahan bakar menipis.

Kemudian pilot dan co pilot memutuskan untuk landing darurat di area persawahan Desa Carangrejo Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo.

Menurut Kades Carangrejo, setelah berhasil mendarat dengan selamat, pilot dan co pilot melakukan koordinasi dengan pihaknya.

“Pilot meminta ijin untuk menggunakan area persawahan di sekitar lokasi sepanjang kurang lebih 400 meter untuk landasan pacu. Kalau BBM katanya dikirim dari landasan terbang Pacitan,” kata Kamsun, kepada wartawan.

Namun pada akhirnya beberapa bagian pesawat akan dibongkar kemudian diangkut dengan truck trailer yang didatangkan dari Jakarta.

“Ya kebetulan mendarat di tanah bengkok (tanah desa) yang menjadi hak garapan saya. Tapi untungnya sudah ada tanamannya,” pungkasnya.

Hingga pukul 14.00 WIB, pesawat masih menjadi tontonan ribuan warga yang ingin melihat dari dekat kondisi pesawat. (Rohman/Dibyo).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *