Begini Cara Tepat Memilih Produk Kecantikan

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com |
Hampir semua wanita ingin tampil sehat dan menarik. Merawat kulit merupakan salah satu cara untuk mencintai diri sendiri. Tidak jarang wanita merawat tubuh dan wajahnya menggunakan produk kecantikan atau skincare, namun belum semua wanita mengetahui produk skincare yang cocok untuk dirinya. Lantas, bagaimana cara memilih produk skincare yang baik?

dr. Medhi Denisa Alinda, Sp.KK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) mengungkapkan bahwa pemilihan skincare yang tepat harus dibarengi dengan cara pengaplikasian yang benar sehingga akan mendapatkan hasil yang optimal.

“Dalam penggunaan skincare, pasien diharapkan melakukan perawatan sesuai anjuran dokter, sehingga akan lebih cepat untuk mencapai hasil yang diinginkan,” ungkapnya.

Sesuaikan dengan Jenis Kulit
dr Medhi, sapaan karibnya, menjelaskan ada lima macam jenis kulit, di antaranya yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, dan kulit sensitif. Maka dari itu periksakan dahulu kondisi kulit kepada dokter agar tidak salah dalam menentukan jenis kulit. Tanpa mengetahui tipe kulit, maka akan sulit untuk menentukan skincare yang tepat.

“Jangan termakan dengan iklan yang mengatakan produk tersebut cocok untuk semua kulit,” ucapnya.

Pastikan Produk Skincare Terdaftar BPOM. Dokter yang juga menjadi dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) itu menyarankan sebelum membeli produk, terlebih dahulu dapat membuka website resmi BPOM untuk memastikan produk telah terdaftar di BPOM. Hal itu dilakukan agar dapat menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Banyak produk yang memalsukan izin BPOM. Jadi agar valid Anda bisa langsung cek di website resmi BPOM,” terangnya.

Teliti Melihat Komposisi Produk
Dalam suatu produk skincare memiliki komposisi yang berbeda-beda. Dengan melihat komposisi, konsumen dapat mengetahui apakah produk tersebut cocok digunakan pada jenis kulitnya. Hal itu berfungsi untuk menghindari reaksi alergi. Kemudian, sambung dr Medhi, jenis kulit yang biasanya tidak memiliki pantangan dalam penggunaan skincare adalah jenis kulit normal.

“Jika kulit berminyak harus menghindari produk yang oily, biasanya penggunaan gel lebih disarankan. Kalau untuk kulit kering sendiri, hindari penggunaan produk yang mengandung alkohol, dan untuk kulit sensitif hindari produk yang mengandung alkohol maupun pewangi,” tutur dokter
asal Surabaya itu.

Produk dengan Kandungan Sunscreen atau Sunblock.
Indonesia merupakan negara tropis dengan intensitas cahaya matahari yang cukup banyak. Sehingga, pemilihan produk yang mengandung sunscreen atau sunblock berguna untuk menangkal sinar UVA, UVB, maupun UVC. Sinar UV tersebut dapat menembus kulit dan menyebabkan penuaan dini.

“Sunscreen maupun sunblock itu fungsinya sama saja yaitu untuk melindungi kulit dari sinar UV, cuma berbeda di cara kerjanya,” jelasnya.

Hindari Produk yang Menawarkan Hasil Instan. Produk skincare yang baik membutuhkan waktu cukup lama untuk mempercantik kulit secara alami. Biasanya hasil akan setelah melakukan perawatan selama satu sampai dua bulan. Sehingga skincare yang menawarkan hasil instan kemungkinan belum terjamin keamanannya.

“Dalam penggunaan skincare perlu adanya konsistensi, jadi tidak ada skincare yang hasilnya instan, semua butuh proses dan usaha,” tutupnya. (Yul)

Caption: dr. Medhi Denisa Alinda, Sp.KK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait