Benarkah Kentut Bermanfaat,!

  • Whatsapp

Oleh:
DR. dr. Robert Arjuna FEAS*
Bicara soal kentut banyak orang jadi jinik mendengar atau merasakan bshwa kentut itu bau dan jorok dan membusuk ruangan sehingga mendengar orang kentut maka akan menimbulka ketawa dan ketakut
an , karena kentut itu bau….
Ketika sedang duduk bersama keluarga maupun teman sekantor, tiba sakit perut tak sadar angin ikut keluar tak terkontrol :” tuk…tuk …push push…” spontan bau wewangi tercium oleh teman sekeliling …kita terasa malu kadang bisa dimarahi bahkan diusir dari lingkungan ……
Tahukah anda Kentut itu bermanfaat?

Kentut merupakan salah satu proses alami yang tejadi pada tubuh kita, dengan cara keluarnya gas dari tubuh kita. Kentut merupakan salah satu hal yang seringkali dianggap mengganggu dan sangat dihindari oleh kebanyakan orang, karena baunya sangat busuk dan mengganggu.

Pada dasarnya kentut terjadi secara alami pada tubuh kita. Tubuh manusia yang normal rata – rata dapat kentut sebanyak kurang lebih 14 kali dalam sehari. Kentut sendiri memiliki wujud gas, yang tidak bisa dilihat secara kasat mata, namun dapat dirasakan dari bunyi dan baunya yang sangat mencolok.Para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa buang angin, biasanya dikenal sebagai kentut , memiliki manfaat kesehatan , dan dapat mencegah terjadinya kanker, stroke, serangan jantung, dan bahkan demensia.

Penelitian yang diterbitkan pada jurnal Medicinal Chemistry Communications, menjelaskan pengaruh gas hidrogen sulfida, yang sedikit diproduksi manusia saat mencerna makanan, terhadap mitokondria sel. Gas hidrogen sulfida dalam jumlah besar adalah berbahaya, namun ilmuwan menemukan sel yang terpapar terhadap sedikit gas hidrogen sulfida dapat mencegah kerusakan mitokondria.ketika penyakit menekankan sel-sel tubuh, sel-sel menarik enzim untuk menghasilkan “sedikit gas hidrogen sulfida” untuk melindungi mitokondria.
“Kami mengeksploitasi proses alami ini dengan membuat senyawa AP39, yang secara lambat mengirim sedikit gas hidrogen sulfida untuk mitokondria’”Profesor Matt Whiteman dari Universitas Exeter berkata .” Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa jika sel yang mengalami tekanan diterapi dengan menggunakan AP39, maka mitokondria terlindungi dan sel tetap hidup.”

Apa manfaat Kentut?
Gas yang keluar pada saat buang angin atau kentut mengandung senyawa hydrogen sulfide. Hydrogen sulfide merupakan salah satu senyawa yang diketahui keluar bersamaan ketika anda buang angin alias kentut. Senyawa hydrogen sulfide ini diketahui merupakan senyawa yang menimbulkan bau seperti telur busuk ketika anda buang angin. Selain itu, gas hydrogen sulfide ini ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi siapapun yang menghirupnya, meskipun memiliki bau yang sangat tidak enak.
Meskipun banyak dihindari Kentut merupakan salah satu proses alami yang tejadi pada tubuh kita, dengan cara keluarnya gas dari tubuh kita. Kentut merupakan salah satu hal yang seringkali dianggap mengganggu dan sangat dihindari oleh kebanyakan orang, karena baunya sangat busuk dan mengganggu.

1. Mengatur tekanan darah
Sebuah penelitian yang dilakukan beberapa tahun lalu mengenai hydrogen sulfide yang keluar bersamaan dengan proses buang angin atau kentut memiliki efek yang dapat mengatur tekanan darah siapapun yang menghisapnya.secara eksplisit, kentut dapat mengatur tekanan darah siapapun yang menghirup baunya.maka anda akan terhindar dari kondisi hipertensi (tekanan darah tinggi) ataupun hipotensi (tekanan darah rendah) yang memiliki efek buruk bagi kesehatan anda. kedua kondisi tersebut dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti :Anemia,Stroke,Serangan jantung,Pusing-pusing,Sakit kepala

2. Anti inflamasi
Manfaat lainnya dari senyawa gas hydrogen sulfat yang keluar ketika anda buang angin dan menghirupnya ialah mampu menjadi penolong anti inflamasi pada tubuh anda. Hal ini berarti dengan menghirup gas kentut yang keluar, anda dapat terhindar dari kondisi inflamasi di dalam tubuh. Beberapa kondisi inflamasi di dalam tubuh antara lain :Refluks asam lambung
Maag,Radang tenggorokan,Radang pada lambung dan usus,Peradangan pada organ-organ lainnya.Dengan sifatnya yang anti inflamasi, maka manfaat kentut bagi kesehatan yang terhirup ini dapat membantu anda dalam mencegah hal-hal tersebut.

3. Anti pembengkakan
Selain menjadi senyawa anti inflamasi, hydrogen sulfide juga memiliki manfaat penting sebagai senyawa yang dapat menjadi anti pembengkakan. Dengan menghirup hydrogen sulfide yang keluar bersamaan dengan kentut, maka anda akan terhindar dari pembengkakan yang kemungkinan akan terjadi pada diri anda.

4. Melancarkan peredaran darah di dalam tubuh
Gas hydrogen sulfide juga memiliki manfaat yang penting untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh sifat dari hydrogen sulfide yang membantu melonggarkan jaringan pembuluh darah dan juga meningkatkan kelenturan dari pembuluh darah vena dan arteri. Hal ini akan meningkatkan kelancaran peredaran darah di dalam tubuh. Dengan lancarnya peredaran darah di dalam tubuh karena manfaat tubuh bagi tubuh ini, maka efeknya adalah :Suplai darah dan oksigen ke organ tubuh tidak terhambat,optimalkan fungsi organ tubuh,meningkatkan daya tahan tubuh.mencegah terjadinya kondisi dan penyumbatan pembuluh darah.

5. Mengurangi resiko terserang penyakit kronis
Dengan menghirup hydrogen sulfide yang terkandung dalam kentut, maka anda akan mendapatkan manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, plus dapat terhindar dari resiko terserangnya berbagai macam jenis penyakit kronis yang berbahaya. Memang untuk mencegahnya tidak hanya berasal dari hydrogen sulfide saja, namun paling tidak dengan terhirupnya hydrogen sulfide, resiko anda terkena beberapa penyakit berikut ini akan menjadi lebih kecil :Kanker,Diabetes,Dementia,Stroke,Serangan jantung,.Tumor
Sekilas info, semogq bermanfaat.
Dr. Mark Wood, salah seorang peneliti Universitas Exeter, di dalam wawancara di universitas, menyebut gas hidrogen sulfida sebagai “Pahlawan kesehatam dengan implikasi bermakna untuk terapi masa depan untuk berbagai penyakit.” Percobaan masih terbatas di dalam laboratorium, namun peneliti Universitas Exeter berkata mereka “akan melakukan penelitian di masa akan datang pada manusia.”
Sekilas info, Semoga bermanfaat
RobertoNews 1269 《15.3.22(07,00)》
• Praktisi Dokter & Penukis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait