Benarkah Vitamin Menambah Daya Tahan Tubuh.?

  • Whatsapp
Dr. dr. Robert Arjuna MD PhD

Oleh:
DR.dr,Robert Arjuna FEAS *
S3lama 2 tahun lamanya kita dikelilinngi oleh wabah pandemi covid yang melulu lantahkan kehidupan kita,banyak ibu ibu latah dan semau gue saja,minum vitamin dan m8neral hampir 8 jenis mulai vitamin A,B,C,D dan mineral komplek lainnya karena untuk meningkatkan daya tubuh sampai fungsi ginjal ferganggu,saya suruh berhenti tetapi tetap diteruskan.capek deh karena kurang pengetahuan medis dianggao minuman banyak vitamin pasti aman!
Indonesia tengah kembali dirundung darurat Covid-19 lagi. Pekan ini, kasus positif virus corona terus meningkat. Ditambah adanya berbagai mutasi varian yang memiliki kekuatan untuk menularkan pun lebih cepat dibanding sebelumnya.
Kesehatan tubuh tidak lepas dari pemenuhan nutrisi yang baik dan gaya hidup sehat. Namun sebagai masyarakat modern yang sibuk, tidak jarang nutrisi dari makanan yang dibutuhkan tubuh sulit terpenuhi. Padahal, kebutuhan nutrisi harian perlu dipenuhi agar tubuh tetap sehat. Salah satu caranya dengan mengonsumsi vitamin tubuh dan suplemen tambahan untuk menunjang kebutuhan nutrisi harian.

Imunitas tubuh yang baik serta jiwa raga yang sehat dapat mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh virus.
Untuk menjaga imun tubuh, kita harus mengonsumsi air putih yang cukup, makan sayur dan buah, dan selalu menjaga kebersihan dengan cuci tangan pakai sabun di bawah air mengalir.

Suplemen terbagi menjadi dua, yaitu
1. Multivitamin
2. non-multivitamin
1. Multivitamin berarti suplemen yang dikonsumsi mengandung tiga atau lebih vitamin dan mineral. Beberapa suplemen multivitamin biasanya mengandung vitamin C, vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6, dan B12), vitamin A, vitamin E, vitamin D3, vitamin K1, kalium iodida, tembaga, seng, besi, betakaroten, kalsium, magnesium, kromium, dan mangan. Kebanyakan suplemen multivitamin tidak mengandung hormon, obat, dan bahan herbal
2. Non-multivitamin berarti suplemen yang dikonsumsi mengandung suplemen non-vitamin dan non-mineral. Misalnya, bahan herbal, masker, susu bubuk, dan kandungan non-vitamin lainnya. Suplemen non-multivitamin biasanya dikemas dalam bentuk pil, kapsul lunak, gel, kaplet, dan cairan. Contohnya adalah minyak ikan, probiotik atau prebiotik, ginkgo biloba, pil teh hijau, ginseng, echinacea, suplemen bawang putih, glukosamin, protein shake, dan lainnya.
Kalau kamu banyak beraktivitas di siang hari, produk suplemen dan vitamin dengan kandungan zat yang banyak terdapat pada sayuran hijau, seperti beta-karoten, vitamin C, vitamin E, lebih tepat untuk kamu konsumsi. Itu karena tubuh kamu perlu tambahan antioksidan yang baik untuk sel-sel tubuh dan meremajakan kulit.Jika kamu lebih sering beraktivitas di malam hari, sebaiknya pilihlah produk yang banyak mengandung vitamin D, karena tubuh kamu bisa saja kekurangan paparan sinar matahari.Bagi kamu yang suka sekali konsumsi karbohidrat dan protein tapi minim konsumsi sayuran, sebaiknya pilihlah produk yang mengandung ekstrak sayuran yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Pilih produk dengan kandungan vitamin B1, B2, dan B6 yang berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh.

ViTAMIN dan NUTRISI
Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang bagus untuk imun tubuh. Ia pun sudah lama diyakini mampu menangkal berbagai jenis radikal bebas. Vitamin C memiliki kemampuan antioksidan yang dapat memperkuat kekebalan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Alhasil tubuh pun mampu terhindar dari berbagai infeksi baik itu bakteri, virus dan juga patogen lainnya.Vitamin C bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan alami seperti buah – buahan dan sayuran. Konsumsi vitamin C harian yang disarankan adalah sebanyak 90 mg. Sementara dosis konsumsi harian tidak boleh melebihi 2000 mg.

Vitamin D memiliki manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta penguatan tulang. Riset menunjukkan bahwa vitamin D memiliki manfaat yang sangat baik dalam mencegah timbulnya infeksi terhadap saluran pernapasan. Pro vitamin D sebenarnya secara alami diproduksi oleh tubuh, namun untuk mengubahnya menjadi vitamin D tubuh membutuhkan paparan sinar matahari.Oleh karena itu Anda disarankan untuk berjemur setidaknya beberapa menit sehari. Waktu berjemur yang paling disarankan adalah pada pagi hari. Selain dari paparan sinar matahari, vitamin untuk imun tubuh ini juga bisa diperoleh dari konsumsi makanan seperti ikan salmon, ikan tuna, makarel, sarden serta produk olahan.Kebutuhan vitamin D harian yang dianjurkan adalah sebanyak 600 IU. Sementara jumlah konsumsi harian vitamin D tidak boleh melebihi dosis 4000 IU. Pada umumnya, konsumsi makanan alami tidak akan menyebabkan kelebihan asupan vitamin D harian. Namun apabila Anda juga mengkonsumsi suplemen, maka dianjurkan untuk melihat dosis harian yang dikonsumsi.

Vitamin E juga memiliki khasiat sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Antioksidan akan bekerja untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas. Selain berperan sebagai antioksidan, vitamin E juga bekerja sebagai katalisator terhadap sekitar 200 reaksi biokimia di dalam tubuh. Vitamin E bisa diperoleh dari berbagai makanan seperti biji – bijian seperti biji bunga matahari, kacang – kacangan, bayam dan sebagainya.

Mineral Seng atau Zinc merupakan salah satu mineral untuk meningkatkan imun tubuh yang penting. Zinc berfungsi dalam melawan inflamasi pada tubuh yang disebabkan oleh berbagai infeksi. Mineral untuk imun tubuh ini bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber seperti yoghurt, tiram, daging, kepiting dan sebagainya. Zinc juga bisa diperoleh dari suplemen.

Selain mengkonsumsi berbagai macam makanan yang kaya akan manfaat, untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat harus diimbangi dengan berbagai langkah di bawah ini.
Olahraga memiliki khasiat yang sangat baik terhadap kesehatan. Olahraga yang cukup akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga seseorang akan terhindar dari berbagai macam faktor penyebab penyakit. Durasi olahraga yang disarankan setiap hari adalah selama 30 menit minimal. Olahraga termudah yang bisa Anda jalani adalah berjalan kaki atau jogging ringan setiap hari.

Istirahat yang cukup memiliki manfaat yang sangat baik terhadap peningkatan sistem daya tahan tubuh. Durasi tidur setiap orang berbeda – beda bergantung kepada usianya dan juga kondisinya. Rata – rata, orang dewasa membutuhkan durasi tidur optimal selama 7 hingga 8 jam sehari. Sementara rata – rata kebutuhan tidur remaja dan anak – anak lebih panjang yakni selama 9 sampai 10 jam sehari.
Hindari dari minuman Alkohol & Merokok sebab alkohol dan juga asap rokok telah lama diketahui menjadi sumber berbagai macam penyakit. Terlalu sering terkena paparan asap rokok dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh mengingat asap rokok mengandung banyak racun dan partikulat berbahaya. Ada banyak risiko penyakit yang bisa menyerang perokok baik aktif dan pasif seperti bronkitis, infeksi paru – paru hingga pneumonia. Hindari paparan asap rokok dan alkohol jika ingin memiliki daya tahan tubuh kuat.

Jauhi dari stress sebab Stress memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap penurunan sistem daya tahan tubuh. Orang yang stress mempunyai kecenderungan mudah terserang penyakit lebih tinggi ketimbang orang normal. Hal ini disebabkan peningkatan produksi hormon kortisol pada orang yang stress. Hormon kortisol merupakan salah satu penyebab penurunan daya tahan tubuh.
Multivitamin Terbaik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang diapproved oleh balai POM RI :
1. Enervon-C
2. Renovit Multivitamin & Mineral
3. Wellness Multivitamin/Mineral 2-A-Day
4. Youvit Gummy Multivitamin
5. Blackmores Multivitamins + Minerals
6. Nutrimax Complete Multivitamins & Minerals
7. Redoxon Forti
8. Fatigon Multivitamin dan Mineral
9. Holisticare Ester C
10. Imboost Force
11. Kalkulator Kebutuhan Kalo
Demikian sajian kami ini si gkat ini kiranya bisa membantu anda dalam menghadapi Era Pandemi Covid, segera bisa berlalu kita kembali hidup dengzn new normal dang tetap patuhi protokol kesehatan 3M yakni :Memakai masker yang berkwakitas, Mencuci tangan setiap sentuhan objek yang dipegang dan Menjaga jarak serta vaksinasi.
Tetap sema gat dan sehat bersama obertoNews,olllala……
RobertoNews1214 《29.1.22(07.00》
• Praktisi Dokter & Penulis lmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait