Berbagai Kesenian dan Budaya Tradisional Tampil Diacara “Wringin Culture Carnival”

  • Whatsapp
Camat Wringin Moh Shodik didampingi Kepala Desa Ampelan saat melepaskan puluhan merpati sebagai tanda dilepaskannya Pawai Budaya (Rois beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Dalam rangka menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. Pemerintah kecamatan wringin kabupaten Bondowoso Jawa Timur menggelar event “Wringin Culture Carnival” yang diikuti oleh 13 Desa yang ada di kecamatan wringin.

Wringin Culture carnival sendiri merupakan ajang pertunjukan kesenian dan budaya tradisional yang sengaja ditampilkan agar para generasi muda mengetahui budaya asli yang ada di desanya masing-masing. Berangkat dari Lapangan wringin dengan Finish di Desa Banyuputih.

Tidak hanya menampilkan kesenian tradisional, berbagai macam budaya luar daerah juga ditampilkan sebagai bentuk rasa Bhenika Tunggal Ika yang hidup di negara Indonesia.

“Ada perwakilan dari 13 Pemerintah Desa di Kecamatan Wringin yang berpartisipasi dalam Pawai Budaya kali ini. Semoga ini menjadi agenda tahunan yang bisa diselenggarakan secara kontinu di tahun-tahun mendatang,” Tutur salah satu panitia saat dikonfirmasi sejumlah wartawan.

Kepala Desa Jambiwungu Holik bersama istri saat mengikuti Pawai budaya (Rois beritalima.com)

Appresiasi positif juga disampaikan masyarakat Wringin terkait penyelenggaraan Pawai Budaya tersebut. Seperti yang dipaparkan M. Munir, Tokoh Muda Wringin,

“Kami mewakili pemuda wringin sangat mengapresiasi kegiatan Pawai Budaya di Kecamatan Wringin. Langkah tepat yang dilakukan oleh Camat Wringin dengan turut serta memeriahkan HUT NKRI yang ke-74”, ungkapnya.

Meskipun demikian, M. Munir sangat menyayangkan tidak adanya keterlibatan masyarakat sebagai peserta kegiatan.

“Melihat antusiasme warga, sangat disayangkan peserta hanya dari jajaran struktural Pemerintah Desa saja, tidak ada keterlibatan masyarakat luas sebagai peserta kegiatan seperti lembaga-lembaga swasta atau kelompok-kelompok pemuda. Ada yang kurang dalam penyelenggaraan tahun ini, semoga tahun depan bisa dibenahi,” Pungkasnya. (*/Rois)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *