Berbagai Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robsrt Arjuna FEAS *
Buah naga tumbuh subur di bumi khatulistiwa , gampang didapati dan manis dimakan, setuap kali saya sehabis makan selalu dihidangkan sepiring buah naga warna merah atau kuning dimeja untuk dimakan , srhingga buang air besar lan-
car setiap pagi. Begitu juga bu Yetty punya gejala konstipasi berat oleh dokternya disarankan makan pepaya atau buah
Naga, Bu Yetty pilih buah naga makan setelah makan nasi.bab jadi lancar,hal yang sama dialami Pak Dendy yang juga makan buah naga,babnya sangat lancar, jadi apa buah naga yang berperan untuk kita.Buah naga tak hanya rasanya yang nikmat, kandungan buah naga merah juga sangat beragam. Selain baik untuk memenuhi asupan nutrisi harian Anda, kandungan vitamin dan mineral dalam buah naga merah juga baik untuk memelihara kesehatan tubuh.

Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia.

Buah naga merupakan salah satu buah yang cukup umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah ini memiliki kulit yang tampak bersisik dan berwarna merah keunguan atau merah muda. Berdasarkan warna dagingnya, buah 1naga terdiri atas 2 jenis, yaitu buah naga putih dan buah naga merah.
KANDUNGAN BUAH NAGA :
1. Vitamin C
2. Vitamin B2 dan vitamin B3
3. Magnesium
4. Zat besi
5. Kalsium
6. Antioksidan

Buah naga termasuk jenis buah yang rendah kalori. Dalam seporsi buah naga (sekitar 100 gram) hanya terdapat sekitar 60 kalori. Buah ini juga sama sekali tidak mengandung lemak. Meski demikian, kandungan gizi pada buah naga cukup tinggi. Berikut ini adalah beberapa kandungan dalam buah naga dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda:
FUNGSI BUAH NAGA
1. Menjaga kulit kencang dan elastis
2. Mengurangi risiko kanker
3. Meningkatkan kesehatan jantung
4. Mengontrol kadar gula darah
5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
6. Meredakan batuk dan flu
7. Menurunkan berat badan
8. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan
9. Menjaga kesehatan tulang
10. Melawan radang sendi
11. Mengurangi jerawat
12. Meredakan nyeri pada kulit yang terbakar sinar matahari
13. Melindungi rambut dari kerusakan
14. Menjaga kesehatan ibu hamil
15. Mengurangi risiko anemia
16.Melindungi tubuh dari radikal bebas
17.Merangsang pembentukan kolagen
18. Mencegah migrain

MANFAAT BUAH NAGA UNTUK BAYI
Buah naga biasanya juga dijadikan salah satu makanan pendamping ASI atau MPASI. Buah yang kaya vitamin ini ternyata juga baik untuk kesehatan bayi. Ada beberapa manfaat buah naga untuk bayi, berikut ini penjelasannya.
1. Sumber Vitamin C
2. Menguatkan Tulang
3. Menjaga Kesehatan Mata
4. Melancarkan Pencernaan Bayi
5. Menangkal Radikal Bebas

KESIMPULAN :
Buah naga atau pitaya adalah buah yang hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis, seperti Amerika Selatan dan Asia. Seperti namanya, buah ini memiliki kulit menyerupai sisik naga, yang merupakan hewan mitos legendaris asal China. Bentuk tanamannya pun unik karena memiliki batang yang menyerupai kaktus besar. Meski tampak unik, buah naga ternyata mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Buah ini pun kaya akan kandungan gizi, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian Anda.Demikian ulasan singkat manfaat buahaga yang tumbuh subur di bumi pertiwi kita, semoga bermanfaat.
RobertoNews 1244《23.2.22(07,30 》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait