Berhubungan Seks Setelah Melahirkan, Baca Ini

  • Whatsapp

beritalima.com | Melakukan hubungan seks setelah melahirkan bagi seorang wanita sama pentingnya seperti sebelum hamil. Tetapi seringkali itu menjadi situasi yang membuat stres.

Ini karena perubahan postpartum dalam tubuh mereka, seperti kekeringan pada vagina, perdarahan dan nyeri. Selain itu, memiliki masalah fisik dan sibuk dengan perawatan anak membuat banyak pasangan tidak dapat memutuskan waktu yang tepat untuk memperbarui keintiman dengan bercinta.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diketahui tentang seks setelah melahirkan jika Kamu baru saja memiliki anak.

Berapa waktu tercepat berhubungan seks setelah melahirkan?

Tidak ada waktu tunggu yang tepat untuk benar-benar memulai kehidupan seks Kamu setelah melahirkan. Namun, para ahli medis merekomendasikan jarak sekitar empat hingga enam minggu pasca melahirkan, tidak peduli apakah itu normal atau sesar.

Jarak yang direkomendasikan tersebut dikarenakan setelah persalinan (terutama sesar), seorang wanita menderita masalah seperti pendarahan vagina, robekan perineum (area antara lubang vagina dan anus) atau episiotomi yang membutuhkan waktu sekitar sebulan untuk sembuh dan kembali normal.

Juga, berhubungan seks dalam beberapa minggu setelah melahirkan dapat menyebabkan infeksi rahim atau perdarahan pascapersalinan. Menurut sebuah penelitian, sekitar 83 persen wanita menghadapi masalah seksual tiga bulan pertama setelah melahirkan.

Masalah umum yang mereka hadapi adalah kekeringan pada vagina, nyeri, perdarahan, kehilangan libido, atrofi vulvovaginal (kehilangan elastisitas vagina), pegal-pegal, dan banyak lainnya karena penurunan kadar estrogen setelah kehamilan dan juga karena menyusui.

Perlu diingat jika Kamu sudah memulai hubungan seksual setelah melahirkan, Kamu juga harus melanjutkan kontrol kelahiran karena ada risiko hamil lagi, bahkan sebelum kedatangan periode postpartum pertama.

Seks setelah kelahiran cesar

Kembali melakukan hubungan seksual adalah perjuangan cukup berat bagi wanita yang melahirkan secara cesar. Dalam persalinan normal, masalah umum setelah melahirkan sering kembali normal dalam 4-6 minggu. Sementara di operasi caesar, seorang wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dari rasa sakit bedah dan kesulitan lainnya.

Namun, seorang ahli medis menunjukkan bahwa tidak peduli bagaimana seorang wanita melahirkan anak, seringkali vagina kembali normal dan serviks menutup dalam waktu enam minggu setelah melahirkan. Jadi, ini adalah masalah pilihan dan kesehatan yang baik yang harus dipertimbangkan sebelum memperbarui kehidupan seks.

Perubahan pascapersalinan yang memengaruhi kehidupan seks

Setelah memiliki bayi, ada banyak hal yang dapat memengaruhi seks, baik itu kondisi mental atau perubahan fisik. Beberapa hal yang memengaruhi seks setelah melahirkan adalah merasa tidak nyaman akibat robeknya vagina, vagina longgar, kencing saat berhubungan seks karena otot-otot panggul yang lemah dan sensasi di daerah vagina berkurang karena trauma pada saraf selama persalinan.

Selain itu bagi wanita yang habis melahirkan yang hendak berhubungan seks bisa kehilangan libido karena menyusui, pendarahan ringan karena leher rahim kasar, hingga kebocoran ASI karena pelepasan hormon oksitosin selama orgasme.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *