Berikut Contoh Membuat Surat Resign

  • Whatsapp

beritalima.com | Definisi dari surat resign atau surat pengunduran diri adalah sebuah surat resmi yang dikirimkan oleh seorang karyawan kepada atasan mereka dengan pemberitahuan bahwa mereka tidak akan lagi bekerja di perusahaan tersebut. Dengan kata lain, surat ini merupakan bentuk berhenti dari sebuah pekerjaaan resmi dan profesional. Tujuan dari surat pengunduran diri adalah untuk membuat catatan resmi pemberitahuan, memberikan rincian tentang hari terakhir bekerja karyawan, menguraikan langkah-langkah selanjutnya, dan menjaga hubungan positif dengan pimpinan atau atasan di perusahaan tersebut. Adapun tips yang telah kami rangkum untuk memudahkan anda dalam pembuatan surat resign dengan sopan dan tentunya profesional dibawah ini :

Tip untuk Menulis Surat Pengunduran Diri

Konsensus umum tentang surat pengunduran diri adalah, semakin pendek maka akan semakin baik. Tidak perlu memberikan penjelasan panjang lebar tentang mengapa anda berhenti. Langkah yang terbaik adalah langsung pada intinya, profesional, dan menguraikan informasi penting apa pun tentang proses pengunduran diri.

Berikut ini beberapa tips bermanfaat untuk menulis surat pengunduran diri anda:

Langsung dan To The Point
Sebutkan bahwa anda berhenti bekerja atau mengundurkan diri dari perusahaan di paragraf pertama (atau bahkan kalimat pertama).
Jadilah Profesional
Jangan gunakan ini sebagai kesempatan untuk mengeluh, menghina, atau mengkritik perusahaan atau karyawan lain, hal tidak pantas ini sangat tidak direkomendasikan dalam pembuatan surat resign manapun, selain tidak dewasa hal ini juga tidak etis untuk seorang yang profesional
Berikan Pemberitahuan Tentang Hari Terakhir Anda

Berikan tanggal tertentu yang telah anda setujui untuk bekerja terakhir kali nya di perusahaan tersebut agar perusahaan bisa lebih mudah dan efektif dalam mencari pengganti nya.

Berikan Informasi Tentang Transisi
Anda dapat menawarkan untuk membantu menemukan pengganti anda seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ataupun setuju untuk menyelesaikan sebuah proyek atau tugas tertentu sebelum hari terakhir anda bekerja di perusahaan tersebut.
Baca Kembali dan Periksa Ejaan Surat

Pastikan untuk memeriksa ulang surat sebelum mengirim untuk memastikan semua informasi akurat dan tidak ada kesalahan ketik, tentunya hal ini berdampak pada kesan tentang diri anda setelah melakukan pengunduran diri dari pekerjaan ini.

Carilah Nasihat Hukum
Tergantung pada sifat posisi anda di perusahaan tersebut, anda mungkin ingin mencari nasihat hukum profesional tentang proses pengunduran diri anda untuk melancarkan dan memudahkan proses resign.

Dibawah ini merupakan contoh surat resignuntuk anda yang masih bingung dengan apa yang harus diisikan dalam surat tersebut :

[Nama Anda]

[Alamat Jalan Anda]

[Kota, Provinsi, Negara]

[Nomor telepon Anda]

[Alamat email anda]

[Tanggal hari ini]

[Nama Atasan]

[Jabatan Atasan]

[Nama Perusahaan]

Yang terhormat [Nama Atasan],

[Paragraf pertama: Saya menulis surat ini untuk memberi Anda pemberitahuan tentang pengunduran diri secara resmi dari Perusahaan. Hari terakhir saya adalah 29 Januari 2020, dua minggu dari hari ini.]

[Paragraf kedua: Ini bukan keputusan yang mudah untuk dibuat, dan saya menghargai dukungan Anda selama masa kerja saya di PT.Maju Jaya. Saya benar-benar menghargai pengalaman, pelatihan, dan pengetahuan yang saya peroleh selama 5 tahun terakhir. Menyenangkan bekerja dengan anda dan juga dengan tim.

[Paragraf ketiga: Tolong beri tahu saya bagaimana saya dapat membantu selama transisi ini. Saya berharap yang terbaik untuk anda seiring perusahaan terus berkembang.]

Hormat kami,

[Tanda Tangan]

[Nama Anda]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait