Berkunjung ke Benteng De Varwachting Sanana, Turis Asal 3 Negara Disambut Tarian Adat

  • Whatsapp

KEPULAUAN SULA, beritaLima,com| Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Maluku Utara melalui Dinas Pariwisata (Dispar) kembali mendapat kunjungan tamu istimewa dari Mancanegara, Jum’at  (10/2/23). Yakni, dari negara Inggris, Jerman dan Amerika dengan Kapal Ombak Putih

Para turis tersebut disambut Plt. Kapala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepulauan Sula, Kamaludin Drakel dengan prosesi Bakayab Hai.(Kase Injak Tanah) serta tarian adat rongeng gala. “Seusai tarian adat rongeng gala, mereka di berikan madu Sula untuk dirasakan.

Bacaan Lainnya

Selain itu, sejumlah turis tersebut berkunjung ke Pabrik Sulamina yang berlamat di Desa Wainin, Kecamatan Sanana Utara dan mereka sempat bertanya terkait dengan pengolahan coklat dari buah kakao.

Pemilik Pabrik Sulamina, Pitter mengatakan, dari sekian dialog antara dia dan turis itu, mereka ingin melihat buah kakao dan apakah cara produksi semua menggunakan mesin atau tenaga lokal saja.

“Kami sangat suka dengan coklat, karena rasanya sangat enak dan original dari buah kakao, “katanya,

Selain itu, Dr George Beccaloni melalui jubir, Anastasia Louhenapessy menyampaikan, tiga tahun lalu dia pernah makan coklat Sulamina, dan sekarang baru dicoba lagi.

Selain rasa coklat yang enak, lanjutnya, dia sangat senang masyarakat Kepulauan Sula yang sudah menerima mereka dengan baik, mulai dari pelabuhan Sanana hingga di Sulamina.

“Kota Sanana sangat bersih dan bagus. Saya berharap ada kesempatan untuk bisa kembali berkunjung ke Kepulauan Sula.” tandasnya.

Sementara itu, Plt. Kapala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepulauan Sula, Kamaludin Drakel, mengatakan, terkait dengan kegiatan kegiatan promosi, jadi sebelum kapal ini kesini sudah kontak penghubung bagaimana caranya kapal kapal pesiar ini bisa masuk di Sula, “ucapnya.

“Selain itu, kita promosi dalam negeri dan kemarin kita sudah moncoba promosi keluar negeri, jadi kita punya penghubung ini, kapal –  kapal yang masuk ke Ternate dan akan menuju daerah Sulawesi dan pelabuhan Bajo, kita minta untuk singgah di Kepulauan Sula

Kemudian 27 Februari 2023 ada lagi satu kapal, sesuai informasi dari mereka, kemudian pada tanggal 3  sampai 4 April 2023 ada lagi satu kapal, “kata Kamaludin [Dino]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait