Bersepeda Adalah Olahraga Yang Sehat ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Setiap minggu pagi aku bangun pukul 05.00 lalu mendayung sepedaku kerumah Pak Daniel untuk bersepeda dan ajak pula pak Hendrik yang rumah di bagian barat sana bertiga dayung sepeda dari Surabaya kota ke Alun alun Sidoarjo membutuhkan wskgu 98 menit dengan mrngeli pinggir jalan, Disepanjang jalan melihat orang orang sedang juga olahraga mendayung sepeda ada kaum ibu ibu ikut mendayung,pokoknya santai gembira ria macam perkumpulan suara hiruk pikuk mscam pasar..

Saat ini, aktivitas olahraga bersepeda masih menjadi tren di berbagai kalangan. Tua muda, pria wanita, dewasa anak-anak dari pejabat, pebisnis, pekerja kantoran, pekerja lepas, dan lain sebagainya, ramai-ramai mengayuh sepeda.Saat pagi hari, terutama akhir pekan atau hari libur nasional, jalanan ramai dipenuhi para pesepeda. Begitu pula pada sore dan malam hari. Ada yang bersepeda sendiri atau berduaan, banyak pula yang bersepeda bersama kelompok atau perkumpulan sepeda yang mereka ikuti.

Semenjak pandemi bersepeda menjadi olahraga yang banyak dilakukan. Dari data yang ada di Databoks menyebutkan sebanyak 31,1% masyarakat melakukan aktivitas bersepeda selama pandemi. Sebagai salah satu jenis olahraga, manfaat bersepeda tentu sangat beragam. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasan lengkapnya.Bersepeda merupakan olahraga yang relatif ringan sehingga cocok untuk pemula, penyandang obesitas, dan orang-orang yang rentan mengalami cedera. Meskipun ringan, bukan berarti aktivitas fisik ini tidak bermanfaat.

Bersepeda adalah kegiatan kesukaanku. Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot. Bersepeda merupakan kegiatan rekreasi sekaligus olahraga. Dengan bersepeda kita tidak hanya senang akan tetapi juga sehat.
Ada banyak manfaat bersepeda di pagi hari untuk kesehatan fisik dan mental. Bersepeda merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik yang mudah dilakukan, murah dan juga ramah lingkungan. Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk bersepeda, serta berapa jam bersepeda yang baik, mari kita simak uraian lengkapnya berikut ini.

Manfaat bersepeda tidak hanya sekadar untuk rekreasi atau sebagai alat transportasi, tetapi juga baik bagi kesehatan tubuh. Dengan bersepeda secara rutin, Anda dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan, mulai dari stres hingga serangan jantung. Bersepeda merupakan salah satu pilihan olahraga yang praktis dan mudah dilakukan. Hal inilah yang menjadikan sepeda sebagai olahraga favorit berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

MANFAAT BERSEPEDA :
1. Menurunkan berat badan
2. Mencegah risiko darah tinggi
3. Mencegah penyakit jantung
4. Mencegah kanker
5. Mengurangi risiko diabetes
6. Menambah kekuatan, keseimbangan, dan kordinasi tubuh
7. Memelihara kesehatan sendi
8. Mengatasi gangguan kesehatan mental
9. Mencegah penyakit parkinson
10. Memperpanjang usia
11. Meredakan gejala haid hingga menopause
12. Mengecilkan perut
13. Mencegah risiko alzheimer
14. Membuat tidur lebih nyanyak
15. Membuat paru-paru lebih sehat

BERSEPEDA DI PAGI HARI MEMILIKI KELEBIHAN
1. Mendapatkan tambahan endorfin di pagi hari, yang berarti kita dapat memulai hari dengan suasana hati yang lebih baik.
2. Berolaharaga selama 45 menit di pagi hari akan membuat kita lebih mampu menahan godaan untuk makan berlebihan.
3. Memulai hari dengan aktivitas fisik akan mendorong kita menjadi lebih aktif bergerak di sepanjang hari.
4. Dapat meningkatkan metabolisme sehingga mampu membakar kalori lebih banyak sepanjang hari

Kita akan memiliki kualitas tidur lebih baik jika dibandingkan orang yang berolahraga di malam hari
Pagi hari memang bisa menjadi waktu yang tepat untuk bersepeda. Namun tidak sedikit orang yang kesulitan menyisihkan waktunya, terutama pada hari kerja. Maka bagi sebagian orang, bersepeda di pagi hari sulit untuk dijadikan rutinita

BERSEPEDA DI MALAM HARI PUNYA KELEBIHAN
1. Kemampuan performa tubuh dianggap mencapai puncaknya saat petang. Termasuk kekuatan otot dan ketahanan dalam berolahraga.
2. Tubuh berolahraga paling efektif antara jam 2-6 sore, saat suhu tubuh paling tinggi sepanjang hari
3. Saat malam hari, kita dalam kondisi paling tanggap dan awas.
4. Detak jantung dan tekanan darah lebih rendah pada malam hari, dimana hal ini dapat menurunkan risiko cedera saat bersepeda.

TIP BERSEPEDA SEHAT ;
1. Lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah bersepeda sehat untuk menghindari terjadinya cedera pada otot maupun sendi.
2. Bawa air minum untuk mencegah dehidrasi saat bersepeda.
3. Gunakan jalur khusus sepeda untuk menghindari risiko kecelakaan.
4. Gunakan pakaian yang nyaman serta alat pelindung, seperti helm dan kacamata khusus sepeda.
5. Pastikan sepeda Anda dalam kondisi yang aman dan siap digunakan.

Banyak sekali kaum bersepeda mendayung sampai pingsan bahkan mati karena pisik pendayung kurang fit dalam bersepeda misalnya lemah ,kurang tidur,lapar berat, atau flu atau sakit! Yang pisiknya tak mendukung tak dipaksa dayung sehingga ditengah jalan kecapaian ,sesak keringat dingin.untuk mengatasi hal tersebut pendayung diminta berhenti dipinggir jalan yang teguh,minum air ,bsgi ada penyakit jantung boleh minum sebutir Cedocard untuk penangannya.
Demikian sekilas info, semoga bermanfaat
RobertoNews 1637 《15.12.22(06.06)》
• Praktidi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait