Bersinergi, Polres Sumenep Gelar Simulasi Siaga Bencana

  • Whatsapp
Kegiatan simulasi kesiapan penanggulangan bencana alam (banjir) di Sungai Kebunagung, Desa Kebunagung, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep

SUMENEP, beritalima.com| Polres Sumenep bersama Forkompinda, Kodim 0827 Sumenep Madura Jawa timur menggelar kegiatan simulasi kesiapan penanggulangan bencana alam (banjir) di Sungai Kebunagung, Desa Kebunagung, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep pada Sabtu (04/01/2020).

kegiatan simulasi kesiapan penanggulangan bencana alam (banjir) di Sungai Kebunagung, Desa Kebunagung, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep

Giat tersebut dipimpin langsung Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi,S.I.K.,M.I.K. didampingi Wakapolres Sumenep Kompol Andi Febrianto Ali, SE, PJU , Perwira dan anggota Polres Sumenep, Unsur TNI, Dinas kesehatan, BPBD Kabupaten Sumenep serta Aparat Desa.

Simulasi ini menunjukkan kesiap-siagaan pihak Polres bersama pemerintah Kabupaten Sumenep, TNI dan semua steak holder mengingat di bulan ini debit curah hujan sangat tinggi dan sangat dimungkinkan sewaktu-waktu terjadi bencana seperti banjir, kata Kapolres Sumenep, AKBP. Deddy Supriadi.

“Kita sebenarnya sudah terlatih, namun tidak bisa dikatakan terlatih jika belum melakukan percobaan dan praktek atau latihan langsung ke lapangan. Maka dari itu kami langsung turun lapangan mengadakan simulasi,”ungkapnya.

Menurut Kapolres, pihaknya menurunkan 150 personil dalam kegiatan simulasi ini. Orang nomor satu dilingkungan Polres Sumenep ini mengaku akan menggelar simulasi secara berkala dan tidak hanya melakukan di sungai, tetapi juga di kepulauan mengingat ombak yang relatif besar.

Ia mengaku sudah koordinasi dengan Forkopimda dan Polda Jawa Timur secara serentak menyiapkan kegiatan semacam ini berikut polres jajaran untuk menyikapi ketika terjadi bencana.

Polres Sumenep bersama jajaran akan selalu bersinergi dengan instansi terkait, karena kesiap-siagaan tidak hanya dimiliki oleh satu pihak, semua pihak harus saling kerjasama, paparnya.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman yang sudah terjadi sebelum-sebelumnya, ada 3 titik yang menjadi prioritas khusus bagi polres Sumenep untuk menyikapi persoalan bencana banjir, pertama Lenteng, kemudian Batuan dan terakhir Saronggi.

“Selama pelaksanaan kegiatan berjalan dengan aman, tertib, lancar dan kondusif”, pungkas Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi, S.I.K.,M.I.K.

(An)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *