Biruku RINDANG Undang Camat Kalsel Berkunjung

  • Whatsapp

BANDUNG, beritalima.com – Camat se – Provinsi Kalimantan Selatan direncanakan melakukan study banding ke Desa Biru Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Asep Zaki Kamil, Kepala Desa Biru ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurut Kepala Desa terbaik se – Kabupaten Bandung 2017 itu, para tamu akan datang pada tanggal 23 Agustus mendatang.

Desa yang memiliki motto “Biruku RINDANG” (religius, indah, damai dan gotong royong – Red) itu dilihat dari pemerintahan, kewilayahan dan pemberdayaan masyarakatnya layak menjadi rujukan desa – desa lain bukan hanya di Kabupaten Bandung atau Provinsi Jawa Barat saja namun secara nasional.

Dari poin pemerintahan, Desa Biru memiliki keunggulan segi bangunan desanya yang representatif selain itu kebijakan – kebijakannya berupa Peraturan Desa (Perdes) inovatif, benar-benar berpihak kepada warganya.

Peraturan Desa (Perdes) dimaksud berupa kesepakatan kerjasama antara Pemerintah Desa dengan pihak pengusaha / pabrik yang berada di wilayahnya untuk menyerap tenaga kerja 70% dari warga sekitar.

Selain itu limbah pabrik diatur pengelolaannya oleh Desa dan dijadikan industri rumahan dengan memberdayakan warga pengrajin celengan dan mainan anak. Hasilnya, di Desa Biru tidak ada satu orangpun pengangguran sehingga angka kriminalitas dapat ditekan bahkan hilang dari Desa Biru. (Pathuroni Alprian).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *