BPBD Sergai : Masyarakat Dihimbau Waspadai Iklim Panca Roba

  • Whatsapp

Serdang Bedagai(SUMUT)

beritaLima.Com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serdang Bedagai (Kab Sergai)memberikan peringatan dini kepada Masyarakat akan Iklim Panca roba yang akan datang setiap saat,dari itu dihimbauan kepada masyarakat untuk mewaspadai bahaya angin puting beliung, karena beberapa belakangan terakhir ini sering terjadi angin puting beliung di sejumlah desa dan kecamatan yang mengakibatkan ratusan rumah rusak.
 
“Peringatan dan Himbauan ini, setelah ratusan rumah di Kecamatan Pantai Cermin, Perbaungan, dan Tebing Tinggi rusak akibat diterpa angin puting beliung dan hujan deras disertai petir, “kata Kepala BPBD Sergai,Hendrik Suharto SH kepada wartawan Selasa (27/9) 
 
 
 
Menurutnya,cuaca buruk rawan terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Sergai dengan angin kencang disertai petir. Selain angin kencang, juga hujan lebat yang mengakibatkan pepohonan tumbang dan menghalangi jalan umum.
 
 
Cuaca buruk itu akibat curah hujan cukup tinggi, sehingga warga perlu mewaspadai terjadi bencana alam tersebut. Saat ini, beberapa hari terakhir sering terjadi hujan deras disertai angin kencang disore hari untuk masyarakat harus waspada, di Akui dia.
 
 
“Kita perlu meningkatkan kewaspadaan dengan tibanya musim penghujan kepada masayarakat, agar dapat diminimalisir resikonya, Rawan bencana lainnya yang kerap melanda Sergai, yaitu, banjir dan longsor seperti di Desa Simalas, Kecamatan Sipispis, kemudian Desa Bukit Cermin, Kecamatan Dolok Masihul serta rawan banjir Rob terjadi di Kecamatan Pantai Cermin,”Katanya.
 
Dijelaskannya, berdasarkan laporan dari BMKG Sumut bahwa curah hujan tinggi akan terjadi akhir September- Februari 2017. Dimana hampir setiap hari hujan deras disertai angin kencang dan sambaran petir.
 
“Kami berharap seluruh warga dapat meningkatkan kewaspadaan cuaca buruk sehinga tidak menimbulkan korban jiwa.Untuk itu, kami menghimbau kepada warga agar berhati hati khususnya pada puncaknya nanti pada bulan Oktober dan Januari,” terangnya.
 
“Untuk itu BPBD Sergai dalam menghadapi berbagai kemungkinan bencana alam tersebut telah mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung. Seperti Mobil evakuasi,perahu karet, Ambulance dapur umum, selimut, tenda,dan matras.“Kita dibantu juga dari unsur relawan Tagana,TRC, dan personel dari unsur lainnya,”Ungkapnya.(sugi/beritalima.com)
 
 
 Kepala BPBD Sergai Hendrik Suharto SH  dan didampingi Camat Pantai Cermin Gunawan CW Hasibuan memberikan bantuan Kepada korban banjir Rob di Pantai Cermin.photo/sugiono
beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *