BPBD Tulungagung Tinjau Langsung Jembatan Ambruk di Wilayah Kalidawir

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung, meninjau lokasi jembatan ambruk yang berada di wilayahnya.

Jembatan ambruk tepatnya berada, di RT 01 RW 06 Dusun Kalidawir Desa Kalidawir Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Kepala BPBD Kabupaten Tulungagung, Robinson P. Nadeak mengatakan bahwa, jembatan ambruk disebakan oleh terkikisnya pondasi jembatan oleh aliran air sungai.

“Terkikisnya pondasi oleh aliran air sungai yang diakibatkan curah hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Kalidawir, mengakibatkan meningkatnya debit air sungai tersebut,” ungkapnya. Senin, (1/4/2024).

Adapun upaya yang telah dilakukan oleh BPBD Tulungagung, lanjut Robinson, yaitu melaksanakan assessment di lokasi kejadian dan memasang BPBD Line untuk peringatan kepada warga masyarakat desa setempat agar tidak melewati jembatan tersebut.

“BPBD juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Kalidawir, Dinas PUPR serta Pemerintah Desa setempat untuk penanganan lanjutan berupa pemasangan jembatan darurat sementara,” ujar Robinson P. Nadeak

Lanjut Robinson, pihaknya juga telah melaporkan dan koordinasi dengan BPBD Provinsi Jawa Timur terkait dengan kejadian tersebut untuk memohon bantuan agar jembatan tersebut dapatnya dibangun kembali oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Kami telah membuat konsep surat yang ditujukan kepada Pj. Gubernur Jatim tentang permohonan Dana BTT APBD Provinsi Jawa Timur, namun masih menunggu persetujuan dari Pj. Bupati Tulungagung,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait