BPJAMSOSTEK Pasuruan Ingatkan Pentingnya K3 di Masa Pandemi

  • Whatsapp

PASURUAN, beritalima.com | Memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2021, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Pasuruan melakukan silaturahmi sekaligus memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) Corona Safety Kit ke perusahaan peserta, di antaranya ke PT Matahari Putra Makmur.

Arie Fianto Syofian selaku Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Pasuruan mengatakan, hingga saat ini masa pandemi Covid-19 di negeri ini masih belum juga berakhir. Pemerintah masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 22 Februari 2021 nanti.

Menurutnya, wabah Covid-19 tidak hanya telah merenggut banyak korban, tetapi juga berdampak pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam memperingati Bulan K-3 Nasional Tahun 2021 ini, lanjut Arie, kegiatan rutin tahunan kali ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun-tahun sebelum ini kami memberikan bantuan dalam bentuk perlengkapan keselamatan kerja seperti sepatu boot, helm, pakaian kerja lapangan dan lain sebagainya. Namun kali ini, karena masih Pandemi Covid-19, BPJAMSOSTEK Cabang Pasuruan memberikan bantuan Corona Safety Kit,” ujar Arie saat menyerahkan bantuan tersebut kepada PT Matahari Putra Makmur.

Disebutkan, Corona Safety Kit yang diberikan berupa masker dan hand sanitizer. “Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini para pekerja tentunya lebih membutuhkan masker dan hand sanitizer. Hal ini untuk menjaga keselamatan dan kesehatan para pekerja serta memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” tukasnya.

Arie mengatakan, setiap kegiatan di tempat kerja memiliki potensi risiko dan bahaya. Karenanya, K3 harus menjadi kebutuhan yang paling mendasar bagi setiap perusahaan. Membangun budaya K3 merupakan langkah perusahaan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan setiap pekerja dan orang lain yang berada di lingkungan perusahaan. “Semua langkah ini untuk mencapai garis akhir, yakni terwujudnya zero accident,” imbuhnya.

“Masker dan hand sanitizer saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, apa lagi para pekerja perusahaan yang setiap hari selalu bersinggungan dengan ratusan bahkan ribuan pekerja yang lain, sehingga mereka sangat membutuhkan dua kelengkapan K-3 tersebut demi keselamatan dalam menjalankan pekerjaan,” jabarnya.

Ditambahkan, Bulan K3 Nasional yang rutin diperingati setiap tahun ini biasanya menjadi momen bagi setiap perusahaan untuk meningkatkan budaya dan kesadaran akan K3 kepada semua pekerja. Jika kesadaran K3 sudah melekat dan tertanam di jiwa para pekerja, risiko kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (PAK) dapat dihindari, sehingga dapat mewujudkan lingkungan kerja yang aman dan nyaman. (Ganefo)

Teks Foto: Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Pasuruan, Arie Fianto Syofian, bersama staf saat silaturahmi sekaligus memberikan batuan Corona Safety Kit pada PT Matahari Putra Makmur dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional 2021.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait