BPJS Ketenagakerjaan Bojonegoro Employee Volunteering Tanam Mangrove

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Bojonegoro turut serta dalam employee volunteering penanaman mangrove yang digalang BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Timur di Surabaya, Senin (8/8/2022).

Dalam employee volunteering ini BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Timur bersama 36 Kantor Cabang dan Cabang Pembantu se-Jawa Timur menanam sekaligus menyerahkan 10.000 bibit mangrove di Ekowisata Mangrove Wonorejo, Surabaya.

Kegiatan yang dipimpin langsung Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur ini, selain disertai para Asisten Deputi, juga diikuti seluruh Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan se-Jawa Timur, termasuk Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bojonegoro.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Deny Yusyulian, mengatakan, kegiatan ini sama sekali tidak menggunakan anggaran kantor, tapi dari donasi sukarela 563 karyawan BPJS Ketenagakerjaan se-Jatim sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

“Employee Volunteering ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh karyawan BPJS Ketenagakerjaan. Bentuk kegiatan tiap tahunnya berbeda-beda namun memiliki tujuan pengabdian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar,” terang Deny.

Employee volunteering kali ini kembali pilih menanam mangrove, karena mangrove bisa menahan abrasi dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya nelayan setempat.

“Ketika mangrove yang kita tanam ini nanti tumbuh besar, ikan dan kepiting akan semakin banyak dan bisa dinikmati para nelayan, sehingga perekonomian masyarakat khususnya nelayan jadi berkembang,” kata Deny.

Ketika para nelayan menikmati hasil yang didapat, lanjut Deny, Kantor-Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan siap mengedukasi para nelayan tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dengan harapan bisa daftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Ditandaskan, employee volunteering berupa penanaman mangrove ini merupakan kali kedua. BPJS Ketenagakerjaan menaruh perhatian pada nelayan, karena kelompok pekerja ini salah satu dari tiga segmen yang belum banyak tercover perlindungan jamsostek, selain segmen pertanian dan kehutanan.

Kegiatan yang dihadiri seluruh Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan se-Jatim ini bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya. Kegiatan ini juga sekaligus untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77, dan bentuk dukungan pada program Go Green Pemerintah.

Di tempat yang sama, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bojonegoro, Iman M.Amin menambahkan, terbentuknya hutan mangrove dipastikan bisa menjadi tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa.

“Dengan menanam mangrove ini kami berperan langsung dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir serta bentuk kepedulian terhadap pelestarian alam,” ujar Iman.

Dia berharap, setelah penanaman 10.000 bibit mangrove di Wonorejo Surabaya ini seluruh karyawan BPJS Ketenagakerjaan di Jawa Timur utamanya di Cabang Bojonegoro bisa lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini seluruh karyawan dan masyarakat bisa lebih sadar bahwa menjaga lingkungan itu sangat penting,” tambahnya.

Iman juga mengemukakan, kegiatan penanaman mangrove ini diyakini akan meningkatkan pendapatan nelayan. Nelayan merupakan salah satu pekerja yang selama ini banyak yang tidak mampu melindungi diri secara mandiri karena pendapatannya hanya untuk memenuhi kebutuhan makan. Dengan kegiatan ini diharapkan bisa meningkatan pendapatan nelayan.

“Dengan adanya peningkatan pendapatan nelayan, diharapkan akan lebih mudah mengajak mereka bergabung ke BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bahkan juga Jaminan Hari Tua (JHT),” pungkas Iman. (Gan)

Teks Foto: Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bojonegoro, Iman M Amin, ketika employee volunteering tanam mangrove di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya, Senin (8/8/2022).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait