BPJS Ketenagakerjaan Madura Suport Festival Nelayan

  • Whatsapp

BANGKALAN, beritalima.com | BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura mensuport kegiatan Festival Nelayan Tahun 2019 yang diadakan di Desa Tengket, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Senin (2/9/2019).

Tradisi petik laut tersebut merupakan agenda tahunan warga yang diselenggarakan setiap 1 Muharrram atau 1 Suro. Acara ini diikuti lebih dari 100 nelayan Desa Tengket.

Acara dibuka oleh perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jawa Timur. Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura, Dhyah Swasti Kusumawardhani, mengatakan, partisipasi ini sebagai bentuk kepedulian BPJS Ketenagakerjaan kepada para nelayan di Desa Tengket yang sebagian telah menyadari pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Seperti yang kita ketahui bahwa nelayan memiliki resiko kecelakaan kerja yang sangat tinggi,” ujar Dhyah. “Apalagi beberapa waktu lalu telah terjadi insiden meninggalnya dua nelayan Desa Tengket saat pergi melaut, yang sayangnya keduanya belum menjadi peserta kami, sehingga belum bisa mendapatkan santunan kematian dari kami,” ujar Dhyah.

Pada kesempatan itu juga diberikan simbolis kartu kepesertaan kepada 2 nelayan yang terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan per bulan Agustus 2019.

Dhyah mengatakan, nelayan masuk dalam program BPJS Ketenagakerjaan sektor Bukan Penerima Upah (BPU). Iurannya per bulan sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 16.800,- per bulan untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

Apabila menambah program Jaminan Hari Tua, lanjut Dhyah, iurannya sebesar Rp 36.800,- per bulan.

“Dengan terdaftarnya nelayan pada program BPJS Ketenagakerjaan, harapannya apabila terjadi resiko kecelakaan kerja akan kami tanggung seluruh biaya pengobatannya, dan apabila meninggal dunia akan kami berikan santunan kepada ahli waris,” terang Dhyah.

Dhyah juga menyampaikan, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura telah berencana menggandeng Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangkalan untuk memberikan perlindungan kepada seluruh nelayan yang ada di Kabupaten Bangkalan. (Ganefo)

Teks Foto: Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura, Dhyah Swasti Kusumawardhani (3 dari kanan) bersama para nelayan Desa Tengket peserta BPJS Ketenagakerjaan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *