BPN Touna Gelar Sosialisasi IP4T

  • Whatsapp

AMPANA,beritalima.com – Kantor Pertanahan Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) melakukan sosialisasi penyuluhan inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) yang berada didua kelurahan, yakni Kelurahan Bailo dan Balilo Baru Kecamatan Ampana Kota, Kamis (16/7/2020).

Kegiatan penyuluhan tersebut dipimpin oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Touna Rusli M. Mau S.SiT turut dihadiri Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil BPN Sulteng Dra.Herlina Lawasa, Kepala Sub Bagian Organisasi dan Kepegawaian Kanwil BPN Sulteng Maryani,SH, Kepala Seksi Landreform dan Konsolidasi Tanah Kanwil BPN Sulteng Joko Wiyono,SP, M.AP, dan beberapa pejabat Eselon IV Kantor Pertanahan Touna, serta puluhan masyarakat setempat.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Touna Rusli M. Mau dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari IP4T adalah sebagai bahan dalam melaksanakan kebijakan serta pengendalian di bidang pertanahan khususnya di bidang pengaturan Pertanahan dan berguna untuk menunjang pelayanan pertanahan.

“Oleh sebab itu perlunya diadakan kegiatan sosialisasi ditengah masyarakat untuk menumbuhkan pemahaman dan menambah pengetahuan masyarakat dalam persoalan penguasaan tanah yang ada dan untuk mempermudah dalam proses penyelesaian permasalahan tanah,”kata Rusli.

Rusli mengatakan, kegiatan penyuluhan seperti ini antara lain untuk menumbuhkan pemahaman dan penambah pengetahuan masyarakat dalam persoalan pengusaan tanah yang ada dan untuk mempermudah dalam proses persitipikatan tanah.

“Untuk itu, melalui kegiatan ini diharapkan diperoleh data inventarisasi yang komprehensif secara sistematis dari seluruh Kelurahan. Kami berharap bantuan dari pihak kelurahan dapat melaksanakan inventarisasi penguasaan pemilikan tanah dan mendukung sepenuhnya dengan memberikan data akurat yang diminta sebagai persyaratannya,”jelasnya.

Usai kegiatan salah seorang warga Kelurahan Bailo Dahlan (54) mengapresiasi kegiatan tersebut dan berterima kasih atas kehadiran Kantor Pertanahan Touna dalam rangka melaksanakan kegiatan penyuluhan inventarisasi penguasaan pemilikan dan pemanfaatan tanah (IP4T) ini merupakan program bagus dan mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi kami,”ujar Dahlan.(Anto/HW). 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait