Bromo masih Labil, Rencana Ritual Kasada tetap Dipantau

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com –

MASIH labilnya kondisi gunung Bromo akibat sebaran abu vulkanik Gunung Bromo dan terus dipantau instansi terkait. Namun masyarakat Tengger tetap akan melakukan perayaan Ritual Yadnya Kasada Bromo 2016 jatuh pada 20 Juli – 21 Juli 2016.

“Untuk itu instansi terkait termasuk PVMBG dan TNBTS  mengeluarkan rekomendasi demi keamanan dan keselamatan Warga masyarakat di sekitar dan pengunjung/wisatawan/pendaki/ turis,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan, Sabtu (16/7/2016).

Adapun rekomendasi tersebut:

1. Warga masyarakat di sekitar G.Bromo dan pengunjung/wisatawan/pendaki/ turis tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif G.Bromo, bagi  yg tidak punya kepentingan dengan ritual Kasada, himbauan keras untuk tidak mendekat ke kawah.

2.Untuk acara ritual ada perlakuan khusus dengan melihat faktor keamanan dengan tetap memperhatikan rekomendasi dari pemerintah (PVMBG).

3.Kegiatan lontar persembahan telah dilakukan koordinasi oleh ketua adat Desa Wonokitri dan Desa Ngadisari dan hanya orang tertentu saja yang akan melakukan pelontaran persembahan.

4.Wisatawan hanya diperbolehkan hingga batas/patok yg telah dibuat oleh TNBTS.

5.Beberapa opsi akan dilakukan dalam pengamanan wisatawan seperti memberlakukan pintu pengawasan masuk lautan pasir di ujung aspal baik dari  Probolinggo  maupun Pasuruan.

6.Melakukan pengamanan 24 jam patroli di lautan pasir sebelum diadakannya ritual.

7.BPBD mempersiapkan kebutuhan sesuai dengan tupoksi seperti pembagian masker sudah disiapkan di Desa Wonokitri.

8.BPBD hanya diperbantukan oleh panitia lokal dengan posisi di Desa Wonokitri.

9.BPBD  telah memasang himbauan untuk wisatawan yang diletakkan di lapangan Pendopo Agung agar wisatawan

mengetahui rekomendasi jarak aman dari PVMBG.

10.Mengharapkan semua pihak untuk saling memperhatikan keselamatan diri dengan merujuk rekomendasi PVMBG.

Reporter: Pahala Simanjuntak

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *