Bromo Status Waspada, Penutupan Bandara ARS Diperpanjang

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com

PENUTUPAN Bandara Abdul Rachman Saleh (ARS) di Malang Provinsi Jawa Timur diperpanjang lagi oleh otoritas bandara  pada Sabtu (16/07/2016) pukul 08:46 WIB hingga Minggu (17/07/2016) pukul 09.00 WIB. Sebab sebaran abu vulkanik Gunung Bromo membahayakan penerbangan pesawat. Dengan demikian 10 penerbangan ke bandara Malang dan dari Malang tidak dapat beroperasi.

“Kondisi bandara Malang (ARS) yang dekat dengan gunungapi Bromo, Semeru, Raung dan lainnya memang berisiko tinggi terkena dampak erupsi gunungapi tersebut,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan, Sabtu (16/7/2016).

Dari pengamatan PVMBG hari ini, aktivitas vulkanik Gunung Bromo pada Sabtu pagi (16/7/2016) terlihat asap kawah teramati putih, kelabu, kecoklatan, sedang-tebal. Tekanan lemah-kuat, dan  tinggi asap berkisar 200-900 meter dari puncak kawah ke arah Barat daya-utara. Terdengar suara gemuruh lemah-kuat. Teramati sinar api. Tremor menerus dengan aplitudo maksimum dominan 2 mm.

“Status tetap Waspada (level II) sehingga masyarakat di sekitar G.Bromo dan pengunjung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah G. Bromo,” paparnya.

Reporter: Pahala Simanjuntak

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *