Buah BIT, Apa Manfaatnya….?

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Di suatu petang ketika saya berkunjung ke rumah lisa, saya disungguhi oleh mereka 1 gelas minuman yang terdiri dari buah bit katanya itu enak untuk anti kanker dan pegal linu,lain hal di rumsh bu Tuti minuman bit wajib minum setelah makan siang untuk anti darah tinggi dan sakit flu, saya jadi binggung kok bisa buah bit bermanfaat guna untuk kesehat
an tubuh?

Buah bit merupakan akar tumbuhan bit yang semua bagiannya bisa dimakan. Makanan ini masih tergolong dalam umbi-umbian dan memiliki ragam jenis lainnya. Buah ini dikenal akan kandungan serat, folat, mangan, potasium, zat besi, sampai vitamin C dan antioksidan.Keuntungan nutrisi buah bit tersebut digunakan untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan ketahanan tubuh, dan berbagai manfaat kesehatan lainnya. Namun, buah bit tak melulu memberi khasiat.

Sebenarnya bit sendiri bukanlah buah, melainkan tanaman umbian yang disebut Amaranthaceae-Chenopodiaceae, tumbuhan yang masih satu keluarga dengan sayuran lobak, singkong, ubi, dan tanaman lainnya.namun, karena warnanya yang unik berwarna merah banyak yang menyebutnya buah.Bit mengandung nutrisi yang sangat penting, seperti sumber serat, folat (vitamin B9), mangan, potasium, zat besi, dan vitamin C. Selain itu, buah bit juga mengandung rendah lemak dan kalori, tidak mengandung lemak jenuh, dan antioksidan.

Buah bit adalah tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Artinya, buah bit masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya. Umumnya, orang lebih suka menggunakan akarnya yang terasa manis sebagai obat kesehatan. Namun, saat ini banyak yang mengonsumsi daging buah dan daun dari buah bit, karena memiliki kandungan nutrisi yang melimpah serta manfaat yang baik untuk kesehatan. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasannya berikut ini.

Dalam 100 gram buah bit, Anda bisa menemukan berbagai kandungan nutrisi seperti berikut: Air: 87.6 gram.Protein: 1.6 gram.Lemak: 0.1 gram. Karbohidrat: 9.6 gram.Serat: 2.6 gram.Kalsium: 27 miligram (mg).Fosfor: 43 mg.Zat besi: 1.0 mg,Natrium: 29 mg,Kalium: 404.9 mg,Tembaga: 0.20 mg,Seng: 0.7 mg,Karoten total: 20 mcg,Thiamin (Vitamin B1): 0.02 mg,Riboflavin (Vitamin B2): 0.05 mg,Niasin: 0.3 mg,Vitamin C: 10 mg

MANFAAT BUAH BIT :
1. Menurunkan tekanan darah tinggi
2. Dapat mencegah kanker
3. Menurunkan berat badan
4. Mengurangi peradangan inflamasi
5. Baik untuk ibu hamil dan janin
6. Mencegah anemia
7. Melindungi hati
8. Meningkatkan kecerdasan otak bayi
9. Meningkatkan kesuburan
10. Baik untuk ginjal
11. Mengatasi ketombe
12. Mengatasi masalah pencernaan
13. Meningkatkan stamina
14.Mencegah pikun
15.Mendukung kerja saraf dan otot
16.Memelihara kesehatan pencernaan

SIDE EFEK BUAH BIT
Ada beberapa bahaya buah bit yang perlu Anda waspadai saat mengonsumsi buah bit. Kebanyakan kasus mengeluhkan kotoran atau urine mereka berubah warna menjadi pink atau merah. Namun tak perlu khawatir. Sebab, hal ini lumrah terjadi dan tidak berdampak pada kesehatan.

Walau begitu, Anda tetap harus memerhatikan asupan buah bit. Menurut laman Medical News Today, dosis harian buah bit dalam jus ialah 250 ml. Dosis tersebut diyakini dapat memberi manfaat, seperti menurunkan tekanan darah.
Konsumsi buah bit yang berlebihan bisa mengakibatkan masalah penyakit seperti di bawah ini. Di sisi lain, ada sebagian orang yang juga perlu menghindari umbi-umbian berwarna ungu ini.
1. Memicu Batu Ginjal
2. Menyebabkan Encok
3. Berisiko pada Tekanan Darah
4. Mematikan Fungsi Oksida Nitrat dalam Tubuh
5. Lonjakan Gula Darah
6. Menimbulkan Sakit Perut
7. Berdampak Buruk pada Liver
8. Melumpuhkan Pita Suara dalam Beberapa Waktu
9. Tubuh Bisa Kekurangan Kalsium
10. Menyebabkan Alergi Kulit dan Demam

Selain berbagai manfaat di atas, bit juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Tanaman umbi ini kaya akan folat yang dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin dan menurunkan risiko bayi terlahir prematur. Namun, konsumsi bit pada ibu hamil sebaiknya tetap dibatasi.
Demikian sekilas info tentang manfaat dan side efek buah b8t bila minum ovrrdosis ,semoga bermanfaat.
RobertoNews 1265 :《11.3.22(07.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait