Buah Lengkeng Apa Manfaatnya?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Teringat pada saya dahulu mau maka buah lengkeng susah amat,setahun mungkin hanya sekali menu ggu buah lengkeng harus import dari china namum macam kacang goreng sepanjang musim kita selalu ada buah lengkeng di pasaran,sewaktu saya berkunjung ke rumah pak John Wahyudi, saya disu gguhi segelas buah lengkeng dingin dan satu keranjang buah lengkeng enak segar amat ,selain segar manis dan lezat,katanya tiap hsri makan 1 gelas lengkeng juice mencegahn imsonia lain hal buat keluarga Cicil,sehabis makan harus makan 1 piring lengkeng karena untuk mata dan sukit tidur.

Dimocarpus longan, commonly known as the longan, is a tropical tree species that produces edible fruit. It is one of the better-known tropical members of the soapberry family Sapindaceae, to which the lychee and rambutan also belong. The fruit of the longan is similar to that of the lychee, but less aromatic in taste.

Lengkeng merupakan salah satu jenis buah yang banyak dijumpai di Indoensia. Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan dengan jenis buah yang lain, namun penggemar buah yang satu ini tidak pernah surut.
Oleh karena itu, memulai bisnis budidaya lengkeng tentu bisa memberikan prospek yang menjanjikan dimasa mendatang. Menanam lengkeng tidaklah sesulit yang dibayangkan.Buah dengan nama latin Dinocarpus longan ini dapat tumbuh dengan baik di suhu tropis Indonesia. Selain ditanam di lahan, lengkeng juga bisa ditanam didalam pot, atau juga dikenal dengan sistem tanam tabulampot.

Tanaman lengkeng (Dimocarpus longan) berasal dari daerah subtropis di Cina bagian selatan. Di negara asalnya lengkeng dikenal dengan sebutan long yen atau likeng. Sentra utama terdapat di propinsi Guangdong, Guangxi, Sze-chuen dan Fujien. Tanaman ini kemudian menyebar ke negara – negara Indochina seperti Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam dan Taiwan. Di Indonesia, lengkeng lebih cocok tumbuh di dataran tinggi yang iklimnya mendekati subtropis, seperti di negara asalnya.

Saat ini telah terdapat varietas lengkeng yang dapat beradaptasi di dataran rendah tropis dengan ketinggian tempat 50 – 600 meter di atas permukaan laut (dpl) dan memiliki iklim basah dengan musim kering tidak lebih dari empat bulan. Hal ini mengakibatkan saat ini daerah – daerah pada dataran rendah di Indonesia dapat turut serta menanam lengkeng yang adaptif dataran rendah.

Sifat dan Karakter 3 Varietas Lengkeng Dataran Rendah

1. Diamond river (sebutan dari Malaysia). Asli lengkeng dataran rendah, mudah berbuah di Indonesia. Sifat unggulnya pada sosok tanamannya. Percabangan banyak dan produktivitas tinggi. Berbuah sepanjang tahun. Lazim dilihat pohon diamond river bertaburan bunga dan buah. Rasa buah manis, tapi berkualitas rendah. Daging buah tipis, transparan dan becek.

1. Pingpong. Sama seperti diamond river mudah berbuah. Buahnya eksotik berukuran jumbo, bahkan beberapa di antaranya benar-benar sebesar bola pingpong. Ukuran buah besar itu diikuti biji besar Kelemahan lain, sifat apical dominance alias pucuk cenderung tumbuh memanjang dan jarang bercabang. Dompolan buah lebat, tetapi karena percabangan yang sedikit, maka total buah pada satu pohon sedikit pula.

2. itoh. Dibanding kedua varietas sebelumnya, kualitas itoh paling bagus.

Bayangkan saja lengkeng impor terbaik yang dibeli di pasar swalayan. Daging buahnya kering, manis, tebal, dan renyah. Di dataran rendah Thailand dan Malaysia, produktivitas itoh juga tinggi. Sayang, di Indonesia ia sulit berbuah karena teknik membuahkannya belum tepat.

MANFAAT BUAHB LENGKENG
1. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
2. Jaga Kesehatan Mata
3. Atasi Stres dan Insomnia
4. Turunkan Berat Badan
5. Obati Anemia
6. anti inflamasi

Buah lengkeng juga kaya akan vitamin B dan C, yang bermanfaat untuk meningkatkan penyembuhan dan mengobati berbagai kondisi peradangan kronis. Termasuk di antaranya adalah edema, GERD, irritable bowel disease (IBS), alergi kulit, luka, luka bakar, psoriasis, dan lain-lain.

Buah-buah ini terutama dimakan dalam keadaan segar. Buah lengkeng, terutama yang berdaging tebal dan besar, dikalengkan dalam sari buahnya di Thailand, Taiwan dan Tiongkok, baik ditambah gula maupun tidak. Lengkeng juga dikeringkan, untuk dijadikan bahan pembuat minuman penyegar.Seperti halnya lerak, biji lengkeng yang mengandung saponin kadang-kadang dimanfaatkan untuk mencuci rambut. Biji, buah, daun, dan bunga lengkeng juga digunakan sebagai bahan obat tradisional, terutama dalam ramuan Tiongkok. Daunnya mengandung quercetin dan quercitrin.
Kayu lengkeng dan kayu bedaro (Dimocarpus malayensis) merupakan kayu yang cukup baik untuk konstruksi ringan dalam rumah dan bahan perkakas.

Kelengkeng Puangray merupakan kelengkeng unggul asal Thailand yang adaptif di dataran rendah. Bersifat genjah dan tidak membutuhkan perlakuan khusus. Kelengkeng puangray mempunyai daging yang tebal dan bijinya kecil. Rasanya sangat manis dan tidak berair.Bibit diperbanyak dg cara okulasi/cangkok sehingga lebih cepat berbuah dan cocok juga untuk tabulampot. Varietas bibit dijamin asli, garansi uang kembali 10x lipat jika tidak asli. Bibit berasal dari indukan sehat, sudah berbuah, produktif, bebas penyakit, cukup umur, akar kuat dan siap tanam. Ribuan bibit sudah terkirim ke seluruh Indonesia dengan aman. Tunggu apa lagi.. yuk order bibitnya
RobertoNews 1260 《7.3.22(07.00)》
*Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait