Bukalapak dan Pesantren Bahrul Ulum Jombang Gelar Program Pelatihan UKM Goes Digital

  • Whatsapp

Jombang, 4 Mei 2018 – Bekerjasama dengan Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Bukalapak mengadakan program Pelatihan UKM Goes Digital yang digelar di Aula Pondok Pesantren Bahrul Umum dan dihadiri lebih dari 250 orang peserta yang terdiri dari santri, civitas akademika dan masyarakat di sekitar pesantren. Program ini merupakan bagian dari upaya Bukalapak untuk menaikkelaskan masyarakat Indonesia melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat Indonesia khususnya pelaku UKM.

Bukalapak sebagai perusahaan yang mengedepankan teknologi akan memfasilitasi pelatihan tersebut dengan memberikan sejumlah materi, seperti pemanfaatan teknologi digital dalam berbisnis, tips dan trik menjalankan bisnis online yang baik dan benar serta cara menghadapi berbagai risiko dalam berbisnis secara online.

Muhammad Isa, Strategic Advisor Bukalapak, mengatakan, “Penetrasi penggunaan internet di Indonesia mengubah perilaku belanja masyarakat yang semula masih offline menjadi online. Kami melihat adanya potensi dari para santri dan civitas akademika serta masyarakat di sekitar Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang untuk menjadi pebisnis online. Dari pelatihan ini diharapkan bermanfaat untuk perkembangan ekonomi digital di lingkungan pesantren”.

Komunitas Bukalapak menurunkan salah satu Ranger Komunitas Bukalapak Kediri, Om Rofiul Hadi, untuk berbagi wawasan dan pengetahuan dengan para peserta tentang pentingnya go digital bagi para pebisnis yang ingin sukses. Tips dan trik menghadapi tantangan dan risiko berbisnis online juga diberikan dalam kesempatan ini. Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk bergabung menjadi pelapak di Bukalapak serta anggota Komunitas Bukalapak.

Muhammad Isa menambahkan bahwa saat ini Bukalapak fokus menjalin kerja sama dengan beberapa institusi pendidikan seperti pesantren untuk menyebarkan wawasan tentang berbisnis di era digital. Kerja sama dengan Pesantren Bahrul Ulum ini merupakan salah satu rangkaian dari program pemberdayaan ekonomi masyarakat muslim di Indonesia.

K.H. Wafiyul Ahdi, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, mengatakan “Kami selalu menanamkan semangat kemandirian kepada para santri. Kemandirian mereka bisa diwujudkan dengan menjadi pebisnis yang berjualan secara jujur, berkah dan bermanfaat. Dengan adanya kerja sama ini, kami merasa senang karena kami terbantu oleh Bukalapak dalam mewujudkan santri yang mandiri dengan memberikan wawasan tentang berbisnis di era digital”.

“Bukalapak sebagai online marketplace terbesar di Indonesia, turut berkomitmen untuk memajukan perekonomian umat di Indonesia melalui serangkaian program kerja sama. Hal ini sejalan dengan konsep gotong royong dan kolaborasi yang dimiliki oleh Bukalapak. Kemitraan ini diharapakan akan terus berjalan dengan pihak-pihak lainnya agar jangkauan misi untuk memberdayakan UKM di Indonesia bisa lebih luas lagi”, tutup Muhammad Isa.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *