Bupati Bondowoso: Pancasila Sebagai Pemersatu dan Pererat Bangsa

  • Whatsapp

BONDOWOSO, beritalima.com – Tepat setiap tanggal 1 Juni, Bangsa Indonesia memperingati hari lahir Pancasila. Maka di hari itu pula, Pemerintah kabupaten Bondowoso melaksanakan upacara sebagai wujud memperingati hari lahir Pancasila.

Bupati Bondowoso Drs Salwa Arifin yang menjadi inspektur upacara mengatakan bahwa Pancasila merupakan pemersatu bangsa dan memiliki berkah yang sangat luar biasa.

“Pancasila telah melalui perenungan, pergulatan, pemikiran dan kejernihan batin para pendiri bangsa Indonesia, ternyata mampu jadi perekat dan pemersatu bangsa Indonesia,” ungkapnya Sabtu (1/06) dihalaman Pemkab Bondowoso.

Masih kata Bupati, Indonesia sebagai negara kepulauan memperkokoh konsep keyakinan akan tanah air Indonesia, perlu untuk terus dilakukan. Pancasila, kata dia, tetap bertahan meski diterjang berbagai ideologi lain, yang berusaha untuk menggesernya.

“Pancasila dengan Bhineka Tungga Ika akan terus mengalir di denyut dan nadi seluruh rakyat Indonesia, di setiap butir memiliki makna yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, upacara peringatan hari kelahiran Pancasila yang dilaksanakan pada saat ini, merupakan momentum bagi masyarakat untuk mengenang dan mengaplikasikan momentum sejarah. Dimana, kata dia, pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara.

“Dengan keanekaragaman yang dimiliki dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. Juga untuk membangun kebersamaan, dengan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” pungkasnya. (*/Rois)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *