Bupati Buka Talk Show Bedah Buku Sejarah Madiun

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Bupati Madiun, Jawa Timur, membuka acara Talk Show Bedah Buku Sejarah Kabupaten Madiun, di Pendopo Ronggo Djumeno, Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Madiun di Mejayan.

Acara yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini, menghadirkan nara sumber ahli sejarah Dr Sri Margana, M.Phil, yang juga tim peneliti Departemen Sejarah, Fakultas ilmu Budaya UGM, Yogjakarta.

Dalam sambutannya, Bupati Madiun, H. Muhtarom, mengatakan, dengan kerjaama antar Pemerintah Kabupaten Madiun dengan Departemen Sejarah Fakultas ilmu Budaya, saat ini telah dapat diselesaikanseri buku sejarah Madiun yang berjudul “Sejarah Politik dan Transformasi Kepemerintahan Dari Abad XIV hingga XXI”.

“Buku sejarah ini merupakan seri buku pertama dari sejarah Kabupaten Madiun. Buku ini menyajikan sejarah perjalanan mulai dari berdirinya Kabupaten Madiun Abad XIV, hingga dinamika transformasi ke pemerintahan saat ini. Dan ke depan akan kita lanjutkan seri selanjutnya,” kata H. Muhtarom.

Muhtarom berharap, kedepan Pemkab Madiun akan mempunyai buku sejarah yang lengkap dan terpercaya, bukan hanya cerita lisan dari mulut ke mulut. Tapi merupakan karya ilmiyah yang dapat dipertanggung jawabkan.

Dalam penjelasannya, Muhtarom menyampaikan, bahwa buku sejarah ini menyajikan sejarah Madiun rentan waktu 500 tahun secara komperhensif. Dan materi sumber primer maupun sekunder sebagai materi pokok tidak saja dilakukan di dalam negeri tetapi sampai juga ke Den Hag, Belanda dan di Leiden.

Di sampaikan juga, bahwa kehadiran buku ini sama sekali tidak ditujukan untuk mengoreksi Buku Sejrah Madiun yang telah terbit sebelumnya. Tapi justru dimaksudkan untuk melengkapinya dan sebagai referensi tambahan dalam memperkaya khasanah sejarah sebagai ilmu pengetahuan bagi masyarakat Kabupaten Madiun khususnya dan Indonesia umumnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan semoga buku ini bermanfaat bagi kita semua,” pungkas Muhtarom, mengakhiri sambutannya.

Hadir dalam acara ini, diantaranya Ketua DPRD Djoko Setijono, Wakil Bupati H. Iswanto, jajaran Forkopimda Kabupaten Madiun, Sekda Tontro Pahlawanto, Staf Ahli, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ir. Eko Yunianto, Msi, Camat, Ketua FKUB, tokoh budaya dan pemerhati sejarah Kab. Madiun, akademisi serta perwakilan guru sejarah SLTP, SLTA. (Dibyo).

Ket. Foto: H. Muhtarom (atas) Ir. Eko Yunianto, Msi (kiri)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *