Bupati dan Wabup Hadiri Paripurna DPRD Sampang Dengan Agenda Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden

  • Whatsapp

SAMPANG, BeritaLima.com – Sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya setiap tanggal 16 Agustus DPRD Kabupaten Sampang menggelar sidang Paripurna dengan agenda mendengarkan pidato Kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo secara online.

Acara yang digelar di gedung graha paripurna DPRD tersebut dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Sampang, Kapolres Sampang, Dandim 0828 Sampang, Ketua Pengadilan negeri, Kepala Kejaksaan, Sekda, sejumlah anggota DPRD Sampang, Camat, OPD dan tamu undangan.

Ada yang menarik dari pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden, saat Jokowi menyinggung tentang ungkapan beberapa Partai Politik saat ditanya siapa calon Presiden dan Wakil Presiden yang bakal didukung, jawabnya masih nunggu arahan Pak Lurah.

“Sedang tren saat ini di kalangan politisi dan parpol, ungkapan belum ada arahan Pak Lurah. Saya sempat mikir, siapa ini Pak Lurah? Sedikit-sedikit kok Pak Lurah, ternyata yang dimaksud Pak Lurah itu saya,” kata Jokowi disambut dengan tawa hadirin.

Namun demikian, ia menegaskan bahwa sebagai Presiden Republik Indonesia, ia tidak ikut campur dalam menetapkan calon presiden dan wakil presiden. Sebab, ia bukanlah seorang ketua umum partai politik maupun ketua koalisi partai politik.

“Sesuai ketentuan undang-undang, yang menentukan capres dan cawapres itu adalah partai politik dan koalisi partai politik, jadi saya ingin mengatakan, itu bukan wewenang saya, bukan wewenang Pak Lurah,” katanya.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan mengenai hilirisasi komoditas nikel yang kini berkembang pesat. Menurutnya, perkembangan ini terjadi setelah pemerintah menyetop ekspor nikel ore sejak 2020. Penyetopan ekspor ini disebut berdampak terhadap penumbuhan investasi hilirisasi dengan adanya 43 pabrik pengolahan nikel.

Sementara itu, ditemui usai acara Bupati Sampang mengatakan, jika kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang menjadi agenda tahunan termasuk juga bagaimana nantinya kita akan menghadapi masa depan, “selain pidato kenegaraan, nanti siang akan ada lanjutan sidang terkait penganggaran RAPBN-P,” katanya.

Disinggung mengenai kondisi politik di Sampang, Aba Idi menjawab dengan tegas jika di Sampang hingga saat ini masih dalam kondisi aman, “Kalau Sampang aman,” singkatnya. (FA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait