Bupati Harapkan Revitalisasi Danau Lebo Dapat Terlaksana

  • Whatsapp

SUMBAWABARAT.Beritalima_

Membuka Focus Group Discussion/FGD Tindak Lanjut Dokumen Pengelolaan Sumber Daya Air dan Lahan Taman Wisata Alam Danau Rawa Taliwang Dan Daerah Tangkapan Airnya Berbasis Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDTLH), Bupati mengharapkan pihak terkait dapat mengembalikan ekosistem Danau Rawa Taliwang.

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M dalam sambutannya menyambut baik dan mengapresiasi upaya dari P3E Bali Nusra. Namun untuk pengembalian fungsi Danau Rawa Taliwang yang harus terlibat dan memiliki dananya adalah BWS. Tetapi instansi ini tidak akan melakukan pembangunan tanpa ada tujuan yang jelas dari pembangunan tersebut. Sebagaimana diketahui, arah pengembangan Danau Rawa Taliwang adalah sebagai objek pariwisata selain mengembalikan ekosistem flora dan fauna yang ada, sebagai tempat Tangkapan ikan warga. Dapat disaksikan juga bahwa Danau Rawa Taliwang sebagai lokasi pariwisata sudah ramai, jadi arahnya jelas.

“Tugas kita, yakinkan Kementerian PU dan BWS itulah arahnya. Kita juga harus pastikan bahwa pengelolaan lingkungan di sekitar situ berjalan baik, seperti tidak ada gelondong dan aktivitas yang mencemari lingkungan lainnya. Tugas kita juga bahwa Pemerintah Daerah tegas terhadap aktivitas warga yang merusak lingkungan sekitar, melakukan penggalian dan lainnya, meskipun itu orang lokal, “kata Bupati di Hotel Ifa, Senin pagi (12/11/2018).

Yang penting BKSDA punya konsep, Pemda punya Konsep, BWS, juga punya konsep. Kemudian konsep-konsep pengembangan Danau Rawa Taliwang diintegrasikan untuk menjadi sebuah dokumen yang menghasilkan kebijakan implementasi kedepannya. Jika didiamkan, lama kelamaan luasnya akan menyusut bahkan habis dicaplok warga. Hal ini harus mendapat perhatian, apalagi memang sejak Indonesia Merdeka Danau Rawa Taliwang belum juga direvitalisasi atau dikembalikan fungsinya.

“Peserta FGD agar memanfaatkan forum ini dengan baik untuk menghasilkan arah kerja selanjutnya untuk Danau Rawa Taliwang. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, FGD ini dengan resmi dibuka,” ujar Bupati membuka FGD.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *