Bupati Intruksikan Desa Bebas Anak Putus Sekolah

  • Whatsapp

BONDOWOSO, BeritaLima.com – Dalam kunjungan kerja (Kungker) di wilayah 4 yang meliputi Lima kecamatan, Bupati Bondowoso Drs H Amin Said Husni, mengintruksikan kepada semua kepala desa yang hadir agar tidak ada lagi anak usia sekolah putus sekolah.

“Saya berharap kepada seluruh kepala desa agar bisa membantu masyarakatnya mensosialisasikan agar anak-anak usia sekolah tidak ada lagi yang namanya anak putus sekolah, karena semua sudah gratis tinggal tanggung jawab kalianlah untuk memberikan arahan terhadap orang tuanya agar anak-anak tetap bersekolah,” tegasnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan dihadapan Forum yang hadir, bahwa jangan sampai anak-anak usia sekolah tersebut putus sekolah karena tidak adanya biaya dan anak-anak sibuk membantu orangtuanya untuk bekerja.

“Tidak ada alasan lagi saat ini anak putus sekolah karena tidak mempunyai biaya, karena saat ini pemerintah sudah menanggung biaya sekolah baik dari tingkat dasar (SD) sampai sekolah menengah pertama (SMP), maka disinilah peranan pemerintah Desa sangat dibutuhkan untuk selalu memberikan pengarahan terhadap warganya, karena hal itu menjadi tanggung jawab kita bersama untuk meningkatkan IPM,” jelasnya Senin (27/02).

Selain itu Bupati juga berharap agar pemerintah memberikan masukan-masukan terhadap warganya untuk tidak ada lagi pernikahan dini, karena pernikahan Dini itu selain melanggar aturan pemerintah dan UU, juga sangat membahayakan terhadap ibu dan bayi saat proses persalinan.

“Kebanyakan angka kematian ibu dan bayi disebabkan karena pernikahan dini, selain itu angka perceraian juga meningkat karena mereka yang menikah belum cukup umur belum siap dalam berumahtangga, maka dari itu saya tegaskan agar pemerintah Desa berperan aktif memberikan sosialisasi terhadap warganya, supaya tidak ada lagi anak usia sekolah sudah dinikahkan,” tegasnya.

Seperti diketahui bahwa Kungker wilayah 4 yang terakhir ini meliputi beberapa kecamatan diantaranya, Kecamatan Kota,Tenggarang,Taman Krocok,Curahdami dan Wonosari dan bertempat di Aula Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Bondowoso.(*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *