Bupati Lumajang Berharap Pemerintah Desa dapat Bersinergi

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com- “Inovasi Desa Menuju Lumajang Hebat Bermartabat” menjadi tema dalam Bursa Inovasi Desa Kabupaten Lumajang tahun 2018. Kegiatan tersebut dibuka bupati Lumajang Rabu pagi, (12/12/2018) di Rumah Makan Pondok Asri.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M ML,(cak Thoriq) sangat mengapresiasi desa-desa yang sudah berinovasi. Hal itu dibuktikan dalam sambutannya di Bursa Inovasi, cak Thoriq mengatakan bahwa pemerintah kabupaten dengan desa harus mempunyai kesepahaman dalam tata kelola program yang ada di pemerintah kabupaten.

Dalam sambutannya cak Thoriq mengatakan, “Saya akan tambah bantuan keuangan dari pemerintah kabupaten Lumajang, supaya yang lain melakukan inovasi, agar desanya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Sekarang sudah jamannya berinovasi. Desa yang infrastrukturnya belum tuntas, saya berharap bersama dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang melakukan sinergitas. Sehingga harapan saya 2 tahun ke depan semua kebutuhan infrastruktur di tingkat desa maupun kabupaten dapat tuntas”, tegas cak Thoriq.

Koordinator Konsultan pendamping Wilayah IV Provinsi Jawa Timur, Miftahul Munir, menyampaikan, bahwa program ini merupakan program yang sederhana dan ditawarkan oleh Kementerian Desa yang bertujuan agar pengelolaan Dana Desa berjalan efektif dan bermanfaat bagi masyarakat desa. “Diharapkan agar inovasi ini muncul dari pemerintah desa yang ada di Kabupaten Lumajang”, ujar Munir.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi, AP. M.Si., menjelaskan, bahwa kegiatan itu merupakan momen awal dalam meningkatkan pengelolaan Dana Desa dan kesejahteraan masyarakat, dengan wadah program inovasi desa atau bursa inovasi desa yang disinergitaskan dengan program Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk 5 tahun ke depan.

Ketua Panitia, Puji Santoso, S.Pd.I., mengatakan, bahwa Bursa Inovasi Desa menyajikan beberapa keberhasilan pelaksanaan ide atau gagasan dari beberapa desa yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang. Dilaporkan, bahwa bursa inovasi desa diikuti oleh utusan desa yang terdiri dari Kepala Desa, DPD, tokoh masyarakat, agama, pemuda dan tokoh perempuan se-Kabupaten Lumajang sebanyak 594 peserta.

Pada kesempatan tersebut, ditandai juga dengan penyerahan tropy oleh bupati kepada juara 1 dalam bidang infratruktur diraih oleh Jembatan Teranyar Kecamatan Tekung, juara 1 dalam bidang sumber daya manusia diraih oleh perpustakaan desa Sumber Ilmu Kecamatan Sumbersuko, dan juara 1 dalam bidang pengembangan ekonomi lokal diraih oleh Godzilla Farm & Coffe Kecamatan Senduro. Juara umum 1 diraih oleh Godzilla Farm & Coffe Kecamatan Senduro. (Jwo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *