Bupati Madiun Jadi Irup Hari Pahlawan

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Bupati Madiun, Jawa Timur, menjadi Inspektur Upacara (Irup) memperingati Hari Pahlawan, di halaman Pendopo Muda Graha Pemkab Madiun, Sabtu 10 November 2018.

Dalam sambutan tertulis Menteri Sosial RI yang dibacakan Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, antara lain mengatakan, setiap 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya, 73 tahun silam.

“Ini merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Mengingat itu, Ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan negara kesatuan Rpublik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya,” demikian sambutan tertulis Menteri Sosial yang dibacakan Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami.

Peringatan Hari Pahlawan, lanjutnya, bukan semata sebuah acara seremonial. Namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi tapi subtansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan seharihari.

“Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis. Bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia,” lanjutnya.

Tema Hari Pahlawan tahun 2018 “Semangat Pahlawan Di Dadaku” paparnya, mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai nilai kepahlawanan.

“Oleh karenanya, siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar serta bagi bangsa dan negara,” tuturnya.

Turut dalam upacara ini diantaranya Sekda Tontro Pahlawanto, Ketua TP PKK Ny Penta Lianawati Ahmad Dawami, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, Camat dan lainya. (Rohman/Dibyo).

Ket. Foto: H. Ahmad Dawami RS (kiri).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *