Bupati Maryoto Pimpin Langsung Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Momen Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 mengambil tema” Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global”. Bertempat, di halaman Pemkab Kabupaten Tulungagung.

Dimana, Gotong royong adalah nilai yang melekat dalam jiwa bangsa Indonesia mengajarkan kita untuk saling membantu, bekerja sama, dan berbagi beban dalam rangka mencapai kemajuan secara komunal.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo MM dalam sambutannya mengatakan bahwa, melalui semangat gotong royong, dapat mengatasi tantangan dalam membangun peradaban yang berkelanjutan. Kamis, (1/6/2023).

Menurutnya, di era globalisasi tantangan dunia semakin kompleks dan saling terkait. Terdapat berbagai perubahan iklim yakni, kemiskinan, ketimpangan ekonomi, dan konflik menjadi tantangan bersama yang harus kita pecahkan.

“Namun, melalui semangat gotong royong, kita dapat mencapai solusi bersama dengan berbagi pengetahuan, sumberdaya, dan teknologi untuk mencapai perubahan positif,” ucap Bupati.

Lanjutnya, melalui Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2023, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

“Kita bersatu untuk membangun bangsa merealisasikan tatanan kehidupan masyarkat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan,” Lanjut Bupati Maryoto.

Ditambahkan, dalam kesempatan ini sekaligus dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional Ke-115 dengan mengambil tema “Semangat Untuk Bangkit”. 115 tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala, ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

“Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil dan makmur,” tambahnya.

Diterangkan, Hari Kebangkitan Nasional dapat dimaknai dengan mengenang kembali perjuangan para pendiri bangsa untuk dapat diteladani bersama seluruh elemen bangsa. Saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun.

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan bahwa, perekonomian Indonesia di tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31% (year-on-year/yoy) jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70% (yoy), bahkan sebelum masa pandemi di tahun 2019.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan 1 tahun 2023 pun masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03% (yoy), menunjukkan performa yang lebih baik dari periode triwulan IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01% (yoy).

“Tentu kita berharap agar capaian-capaian ini dapat kita pertahankan dan terus ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa indonesia,” terang Bupati.

Lebih lanjut, paparnya, kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah kita di berbagai forum internasional. Dunia menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara/entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar yakni G20.

Disamping itu, kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan menjadi ketua dalam forum Asean di tahun 2023. Semangat untuk bangkit dan mempercepat pemulihan global pasca pandemi juga dikobarkan di tingkat regional dengan mengusung tema Asean Matters Epicentrum Of Growth.

Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi Covid-19, sekaligus perjalanan menuju Indonesia emas tahun 2045.

“Selamat memaknai dan memperingati hari kebangkitan nasional Ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit lebih kuat!,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait