Bupati Sampang, Untuk Menuju Desa Mandiri Infrastruktur Harus Memadai

oleh -119 views

SAMPANG, BeritaLima.com – Rapat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang di kemas melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) telah usai digelar di seluruh Kecamatan yang tersebar di 14 wilayah se Kabupaten Sampang.

Setidaknya ada beberapa point penting yang menjadi bahan evaluasi bagi Pemerintah Daerah, dari pemaparan yang disampaikan di setiap Kecamatan mulai dari perekonomian, infrastruktur, pendidikan dan lain-lain, Bupati Sampang menyimpulkan, yang menjadi kebutuhan utama adalah infrastruktur.

www.beritalima.com

“Kami hadir langsung untuk mendengarkan, apa sih yang menjadi permasalahan dan kebutuhan masyarakat di setiap Kecamatan, kami simpulkan kebutuhan utama masyarakat adalah ketersediaan infrastruktur yang memadai, untuk itu pemerintah Kabupaten akan kami fokuskan di pembangunan jalan,” Katanya.

Selain itu, Bupati Sampang H.Slamet Junaidi menginginkan agar Desa mulai mandiri, dan sementara ini hanya beberapa Desa yang menuju mandiri, “Kami berharap agar kepala Desa memberikan masukan dan usulan kepada kami, potensi atau destinasi wisata apa yang ingin dikembangkan di Desanya masing-masing,” Harapnya.

Hal tersebut lanjut Aba Idi yang nantinya akan menjadi dasar pemerintah dalam memberikan anggaran kepada Desa, namun dengan catatan Kepala Desa tetap kooperatif kepada kami, “Kita evaluasi bersama hasil Musrenbang tahun sebelumnya dan tahun berikutnya, apa sebenarnya yang menjadi capaian,” Pungkasnya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Disisi lain Ketua Assosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Sampang Achmad Mohtadin menjelaskan, sesuai dengan harapan Bupati kami menilai beberapa Desa memiliki destinasi wisata, untuk menjadi Desa mandiri setidaknya Desa sudah memiliki Pendapatan Asli Desa (PA DES) diatas 1 miliar, hal itu yang nantinya menjadi rujukan.

“Seperti halnya di Desa kami Gunung Eleh Kecamatan Kedungdung, kami siapkan destinasi wisata tanian lanjeng (Madura,Red), yang mana disitu selain menawarkan kuliner kami rencanakan juga SPBU mini, dan dari situlah kami harapkan nantinya akan menaikkan PA Des di Desa kami,” Tuturnya.

Menurutnya, di Kabupaten Sampang sementara ini yang sudah siap menuju Desa mandiri dari data DPMD ada tiga Desa, Rahung, Banyuates dan Gunung Eleh, “Kami targetkan di tahun ini atau paling tidak di 2021 semuanya terwujud,” Tandasnya.(FA) www.beritalima.com

www.beritalima.com