Bupati Sumbawa Barat Kembali Terima Penghargaan Indonesia Visionary Leader (IVL) 2023

  • Whatsapp

Jakarta. Beritalima.com
Bupati Sumbawa Barat, Musyafirin kembali meraih penghargaan bergengsi Indonesia Visionary Leader (IVL) 2023 Season XIII dengan kategori “The Best in Local Community Involvement’ yang digelar oleh iNews Media Group di MNC Conference Hall iNews Tower Lantai 3 Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada Kamis (26/10/2023).

Penerimaan penghargaan tersebut diserahkan Menpan RB Azwar Anas dan diterima oleh Bupati Sumbawa Barat yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, Drs Mulyadi Msi.
Penghargaan tersebut diberikan, sebagai pengakuan atas Inovasi pelayanan publik yaitu Forum Yasinan, Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) dan prestasi KSB dalam Penuntasan 5 Pilar STBM di Kabupaten Sumbawa Barat.

Ditempat terpisah, Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin.,MM mengucapkan terima kasih kepada iNews Media Group atas penghargaan IVL 2023. “Saya sudah dua kali ikut IVL. Di sini kita tekankan bagaimana mengatasi berbagai masalah ekonomi, melalui pemberdayaan gotong royong. Terdapat sebanyak 700 agen gotong royong di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa Barat yang mengawal seluruh program kerja Pemerintah Daerah di lapangan.”, Ungkap Bupati

Bupati juga menerangkan bahwa Pengembangan sanitasi dan infrastruktur menjadi prioritas pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Sanitasi berhubungan dengan kemiskinan dan stunting. Saat ini Angka Stunting KSB sebesar 13,62 %, dan paling rendah di NTB. Melalui agen gotong-royong mendata semua masyarakat yang tergolong miskin ekstrem. Kita sudah siapkan dana untuk
kemiskinan ekstrem dengan bantuan Rp600 ribu per bulan per KK,”
“Hal penting lainnya bahwa, salah satu penopang pendapatan Kabupaten Sumbawa Barat tidak lain berasal dari tambang emas dan tembaga. Dan saat ini, proyek industri smelter tengah dibangun.

Ia juga mengatakan jika ketahanan lingkungan amatlah penting dalam memastikan Kabupaten Sumbawa Barat masih tetap menjadi tujuan destinasi pariwisata. Saya berharap, dengan penghargaan yang diraih ini bisa memotivasi untuk terus mengembangkan ekonomi di Kabupaten Sumbawa Barat.
Indonesia Visionary Leader merupakan program rutin yang diselenggarakan oleh iNews Media Group sejak tahun 2017. Program ini dilaksanakan sebagai upaya daerah dalam merumuskan, mengkomunikasikan, mengimplementasikan, sekaligus membudayakan
visi kepala daerah di wilayah kepemimpinannya. Tahun ini, program Indonesia Visionary Leader mengangkat tema “Pemimpin Sebagai Penjaga Resiliensi Ekonomi”. Hal tersebut selaras dengan peran penting yang diemban kepala daerah yaitu menjaga resiliensi ekonomi di wilayahnya. Resiliensi ekonomi merujuk pada kemampuan suatu wilayah untuk bertahan, beradaptasi, dan pulih dari tekanan ekonomi, baik dari faktor internal maupun eksternal.

Para peraih penghargaan IVL sebelumnya telah menjalani proses penilaian dari para dewan juri yang sangat kompeten di bidangnya. Mereka adalah Prof. Dr. Budi Frensidy, SE, M.Com (Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia), Dr. L.Saydiman Marto, S. STP, M. Si (Analis Kebijakan Ahli Madya, Sekretariat Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri), dan Dr. Wahyu T. Setyobudi, MM, ATP, CPM (Pengajar Global Business Marketing, Binus Business School dan Co-Founder Astagatra Institute).(humas)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait