Bupati Sumbawa Barat Launching Aplikasi Srikandi, KSB Kini Terapkan Arsip Berbasis Teknologi

  • Whatsapp

SUMBAWA BARAT NTB.Beritalima.com|
Bupati Sumbawa Barat, DR Ir H W Musyafirin MM didampingi Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Nasional, Dwinda Meigita Norca Gatmani ST, MAP dan Dra, Satriani, secara resmi melakukan Launching Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) – Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Menuju Good Governance KSB Tahun 2023, pada Rabu, 11 Oktober 2023 bertempat di Aula Hanipati Resto – Taliwang (KSB).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Arsip & Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Sumbawa Barat, Ir Abdul Muis MM menyampaikan, sebelum dilaksanakan launching Aplikasi SRIKANDI telah diawali dengan melaksanakan Bimbingan Tekhnis kemampuan dari utusan masing-masing OPD selama dilakukan Bintek terkait system tersebut terbilang sudah cukup baik.
Tujuan dari penerapan aplikasi SRIKANDI meningkatkan kualitas pengelolaan arsip guna mewujudkan good governance. Manfaat dari SRIKANDI mendukung pengelolaan arsip dan tata Kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menuju Good Governance KSB Tahun 2023.

Dan memudahkan penyimpanan dan penemuan kembali arsip, mengatasi penumpukan arsip untuk menghemat ruang penyimpanan arsip, serta memudahkan koordinasi dan komunikasi serta pengiriman dokumen antar dinas, tak terbatas ruang, waktu dan dimanapun berada.

Keterkaitan dengan hal itu, Ir Abdul Muis MM melaporkan kepada Bupati bahwa soal ketersediaan SDM yang sebelumnya dirasakan kurang, saat ini telah tertangani dengan adanya perekrutan PPPK untuk tenaga Arsiparis.

Sementara itu Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Nasional, Dwinda Meigita Norca Gatmani ST, MAP dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Launching Aplikasi SRIKANDI. Hal itu sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh Presiden RI, Ir H Joko Widodo menyerukan untuk meninggalkan cara-cara lama dalam mengelola arsip karena tidak efisien, akses yang lamban, penyimpanan tersebar dimana-mana.

“Jadi, gunakan lah cara-cara baru untuk beradaptasi dengan Tekhnologi Informatika (TIK),” imbuhnya. SRIKANDI sebagai program prioritas, semoga dengan telh di launchingnya aplikasi SRIKANDI ini benar benar di implementasikan oleh pemda, memungkinkan dalam waktu mendatang masing-masing OPD tidak lagi menggunakan tanda tangan konvensional,” ujar Dwinda Meigita Norca Gatmani ST, MAP

Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin ST,MM mengaku, dengan adanya aplikasi SRIKANDI pelaksanaan pelayanan pemda kepada masyarakat semakin dimudahkan. Untuk itu Ia berharap agar aplikasi ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Penggunaan aplikasi SRIKANDI diinstansi pemerintah sebagai bentuk peningkatan kualitas dalam bidang kearsipan.

Dengan aplikasi ini, system pemerintahan berbasis elektronik akan lebih optimal dalam melindungi kepentingan data-data, terang Bupati. Dalam kesempatan itu pula, Bupati didampingi Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Nasional, melakukan launching peluncuran aplikasi SRIKANDI yang ditandai dengan bunyian Serune merupakan alat music tradisional Samawa.(Humas)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait