Bupati Touna Buka Bimtek Perangkat Desa dan BPD

  • Whatsapp

Ampana, Beritalima.Com – Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Unauna melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) Perangkat Desa dan Badan Pemusyawarah Desa (BPD) .

Bimtek tersebut yang akan di gelar di 12 Kecamatan dimaksudkan sebagai langkah persiapan pelaksanaan Pilkades serentak di Wilayah Kabupaten Tojo Unauna yang akan dilaksanakan pada bulan November 2019 mendatang sebanyak 76 Desa.

Bupati Kabupaten Touna Mohammad Lahay SE MM membuka secara langsung Bimtek yang berlangsung di kecamatan Ampana Tete Senin (15/7/2019).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa,memposisikan desa bukan lagi sebagai obyek sasaran pembangunan,tetapi harus sebagai subyek yang berperan aktif sebagai motor penggerak pembangunan.

“disamping itu,desa juga tidak hanya menjadi fokus pembangunan,tetapi juga sebagai perancang pembangunan yang sesuai dengan potensi kebutuhannya.bila diibaratkan sebuah wadah,desa dapat menjadi wadah berbagai macam upaya pembangunan lintas sektor dan lintas kementrian/lembaga” ucap Bupati

Mohamad Lahay menyampaikan , desa juga harus bisa menjadi filter untuk menyaring mana program atau kegiatan yang bermanfaat,sesuai potensi dan sesuai prioritas pembangunan setempat undang undang desa tentunya telah mendorong seluru masyarakat desa berserta aparat pemerintah desa memiliki peran yang besar dalam melaksanakan pembangunan didesa nya.

Selaku pimpinan daerah, Bupati mengapresiasi adanya bimtek bagi aparat desa dan badan pemusyarawatan desa,karena kegiatan ini dapat memperkuat koordinasi,meningkatkan sinkronisasi dan mengembangkan kerjasam serta bergotong royong untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa menuju Tojo Una Una yang lebih sejahtera.

Hadir dalam kegiatan Bimtek, Kepala Dinas PMD, Sekretaris PMD, Camat Ampana Tete dan Unsur tripika. (HW/CH)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *