Bupati Touna Hadiri Gerakan Panen Jagung Mendukung Upsus pajala

  • Whatsapp

Ampana, Beritalima.Com – Bupati Kabupaten Tojo Unauna Mohammad Lahay SE MM menghadiri kegiatan Gerakan Panen Jagung mendukung Upsus pajala yang dilaksanakan di Desa Uebone Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Unauna selasa (3/9/2019).

Dalam sambutannya Bupati Touna menyampaikan, kabupaten Tojo Una Una memiliki potensi lahan jagung yang sangat luas +346.153 hektar,yang mana saat ini masih banyak terdapat lahan tidur yang mana masih perlu dilakukan penambahan bantuan untuk pengembangan luas tanam jagung yang terdapat di 12 kecamatan.

Dalam upaya mendukung swasembada pangan 2015 sampai dengan 2020 melalui program upsus ( upaya khusus ) padi,jagung dan kedelai ( pahala ),pemerintah pusat memberikan bantuan benih padi sebesar 200 ton atau 200.00 Kg ( kebetuhan 5.000 hektar,jagung hybrida 165 ton atau 165.000 Kg ( kebutuhan 11.000 hektar ),dan benih kedelai yang di rencanakan 4,5 ton atau 4.500 kg ( kebutuhan 100 hektar ) kegiyatan intensifikasi dan untuk tumpang sari padi jagung 30 ton atau 30.000 kg ( kebutuhan 2.000 hektar ).

“Kabupaten Tojo Una Una siap mendukung dalam rangka swasembada pangan yang diharapkan dapat tercapai pada tahun 2019 dengan fokus peningkatan produksi,mutu dan pendapatan petani” ucap Mohamad Lahay

mengingat kata Bupati, dengan kerjasama yang baik dan semua pihak sehingga produksi jagung dapat ditingkatkan.sektor pertanian masih merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas pembangunan menuju Tojo Una Una hebat.

“mengigat cukup besarnya peluang untuk meningkatkan produktivitas dan potensi sektor ini yang masih dapat dikembangkan dan didayagunakan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,sekaligus pengembangan perekonomian daerah” tambahnya

Lebih Lanjut dikatakan dengan adanya bantuan benih tersebut diharapkan pada tahun 2019 terjadi peningkatan produksi dan produktivitas padi,jagung dan kedelai di kabupaten Tojo Una Una menuju touna hebat dibidang pertanian.

“sehingga sasaran produksi yang telah ditetapkan dapat mencapai,sekaligus dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahtraan petani di kabupaten Tojo Una Una ” tambahnya

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas pertanian dan ketahanan pangan turut di hadiri ketua DPRD Mahmud Lahay SE Msi, Kadis pertanian Muhammad Nur Rahmat, unsur tripika pemkab Touna, camat Ampana tete, Danramil, Kapolsek Ampana Tete. (CH/HW)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *