Bupati Touna Lakukan Tanam Perdana Padi Pada Lahan Cetak Baru

  • Whatsapp

Ampana, beritalima.com – Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Touna saat ini sedang menggiatkan pembangunan disemua sektor dalam rangka mengejar ketertinggalan dari daerah daerah lain disulawesi Tengah dengan menjadikan sektor pertanian, perikanan dan pariwisata sebagaimana sektor unggulan

Dalam agenda kegiatan diwilayah kepulauan, Bupati Kabupaten Tojo Una Una (Touna) Mohamad Lahay SE MM melakukan tanam perdana padi di lahan hasil cetak sawah baru yang di rangkaian dengan penyerahan alat mesin pertanian kepada UPJA Desa Tanimpo dan Desa Taningkola Kecamatan Una Una Kabupaten Touna , Kamis (7/11 /2019 ).

Bupati Tojo Una Una Mohamad Lahay menyampaikan, adapun potensi luas lahan pertanian tanaman pangan di Kabupaten Touna sampai saat ini adalah seluas kurang lebih 31.240 Hektar tanaman Holtikultura seluas 644 Hektar dan perkebunan 37. 500 Hektar.

Tahun 2016 sampai Dengan tahun 2017 sektor yang memberikan kontribusi terbesar PDRB Kabupaten Touna adalah sektor pertanian sebesar 29,66 %.

“Untuk meningkatkan PDRB dari sektor pertanian harus dilakukan peningkatan produksi dari sub sub sektor nya, antara lain sub sektor tanaman pangan, sub sektor peternakan, sub sektor perkebunan dan Holtikultura dan sub sektor lainnya” Kata Bupati

Selain itu, Mohamad Lahay menyampaikan pembangunan yang dimulai dari desa dengan prioritas pada pertanian menjadi jalan sekaligus solusi untuk mensejahterakan masyarakat termasuk membuat swasembada pangan jadi kenyataan.

Dalam kesempatan itu, Sejumlah Tiga unit Alsintan berupa Power Treesher/perontok padi dengan nominal Rp 79. 770. Diserahkan Bupati kepada UPJA Kecamatan Una Una.

“Alat pertanian yang serahkan merupakan bantuan yang bersumber dari APBN pusat, galau ini merupakan sinergitas yang baik antara Kabupaten, provinsi dan pusat dalam rangka memperkuat kelompok tani agar dapat lebih meningkatkan hasil produksinya” ujar Mohamad Lahay.

“Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal, dan dapat dipelihara dan dioperasionalkan dengan baik” tambahnya.

Bupati berharap kepada semua masyarakat tani Kabupaten Touna, untuk terus berpacu dalam usaha pertanian serta mengikuti petunjuk yang diberikan penyuluh lapangan dan jalim hubungan komunikasi yang baik-baik serta segera laporkan kepada petugas bila ada permasalahan dilapangan.

Hadir dalam kegiatan tanam padi perdana Dandim 1307 Poso hadir Letnan Kolonel infanteri Catur Sutoyo,SE, Kepala Dinas pertanian dan Ketahanan pangan Kabupaten Touna , Kepala seksi tanamab dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Tengah, Camat Una Una,Kepala desa (dan tokoh masyarakat dan pengurus kelompok tani Gapoktan beserta anggota penyuluh pertanian HW)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *