Bupati Tulungagung Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung melaksanakan upacara bendera.

Upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda bertempat, di halaman Pemkab Kabupaten Tulungagung. Dipimpin langsung oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Jum’at, (28/10/2022).

Turut hadir dalam upacara tersebut, Forkopimda, ASN lingkup Pemkab Tulungagung, TNI, Polri, dan berbagai perwakilan organisasi kepemudaan.

Dalam sambutannya, Bupati Tulungagung mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 tahun ini mengambil tema “Bersatu Bangun Bangsa”.

Memberikan pesan yang mendalam bahwa, dengan bersatu merupakan harga mati untuk menuju pembangunan dan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa.

“Peran pemuda meneruskan nilai-nilai persatuan sangatlah penting untuk membangun bangsa Indonesia yang lebih maju, karena pemuda merupakan tulang punggung bagi kejayaan Indonesia. Perbedaan sikap primordial, SARA serta berbagai kepentingan, hendaknya dijadikan kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan,” Kata Bupati.

Menurutnya, awal perjuangan Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diawali dengan kerapatan para pemuda saat itu. Artinya bahwa, peran pemuda sangat dibutuhkan dalam rangka membangun bangsa.

Lanjut Bupati, sebagai pemuda harus betul-betul memanfaatkan kesempatan ini. Para pemuda dulunya telah merintis dengan berikrar bertanah air satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia dan berbahasa satu bahasa Indonesia.

“Kemudian dari itulah dijadikan rujukan untuk Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945,” lanjutnya.

Bupati menerangkan, mengingat itu suatu hal yang luar biasa, mengajak para pemuda sekarang ini khususnya pemuda di Tulungagung untuk meneruskan dalam mengisi apa yang sudah dirintis oleh pemuda-pemudi terdahulu.

“Pemuda-pemudi terdahulu perjuangannya sangatlah berat dalam mendirikan sebuah bangsa melalui ikrar “Sumpah Pemuda” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait