Cari Pemuda Hebat, Astra Kembali Gelar SATU Indonesia Awards

oleh -41 views

SURABAYA, beritalima.com – PT Astra International Tbk masih membuka pendaftaran program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2016 hingga 8 Agustus mendatang.

Corporate Communications PT Astra International Tbk, Vita Principalia, mengatakan, SATU Indonesia Awards 2016 merupakan program apresiasi bagi pemuda-pemudi Indonesia untuk menjadi pelopor sekaligus menunjukkan pengabdiannya pada bangsa.


Dijelaskan, kegiatan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini digelar sejak tahun 2010, dan sudah memberikan apresiasi kepada 32 pemuda-pemudi Indonesia dalam lima kategori.

Program kegiatan yang dapat didaftarkan dalam SATU Indonesia Awards adalah kegiatan yang dapat membantu dan mengusahakan orang lain menjadi mandiri dengan memberikan solusi, cara atau alat, bukan sekadar memberi sumbangan atau donasi yang berdampak sementara.

Jadi juga dapat berupa pelatihan keterampilan sekelompok orang, komunitas atau masyarakat yang kurang beruntung, sehingga mereka punya keahlian dan dapat hidup mandiri.

Kegiatan-kegiatan yang membawa perubahan tersebut akan dinilai berdasarkan parameter yang terdiri dari motif, yang meliputi ide awal, jenis kegiatan, tujuan/motivasi/sasaran, bidang prestasi, usaha untuk mewujudkan, dan pihak-pihak yang bekerjasama dan lembaga pendanaan.

Kemudian hasil, yakni kegiatan danĀ hasil yang telah diciptakan. Terus jangkauan, yaitu jumlah dan dampak pada orang atau sistem yang telah dibangun melaluiĀ program-program yang telah dilakukan. Dan yang terakhir parameter kesinambungan, yakni komitmen untuk melanjutkan kegiatan.

Ajang ini terbagi 5 kategori, yakni pendidikan, lingkungan, pemberdayaan asyarakat (Income Generating Activities/IGA), kesehatan, dan teknologi.

Disebutkan pula, untuk mengikuti program ini persyaratannya usia maksimal 35 tahun, bisa individu atau kelompok dengan jumlah anggota minimal tiga orang, dan orisinal.

Ketentuan lain, penggiat atau kegiatan yang dilakukan telah berlangsung minimal setahun, belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional, dan bukan karyawan Grup Astra dan Tempo Media Grup.

Karena itu, Vita berharap masyarakat yang mengetahui keberadaan pemuda-pemudi yang memiliki kriteria tersebut segera mendaftarkan dan rekomendasikan mereka untuk mengikuti program SATU Indonesia Awards melalui www.satu-indonesia.com.

Vita juga mengatakan, perkembangan SATU Indonesia bisa dilihat melalui Facebook Fan Page: Semangat Astra Terpadu, Twitter: SATU_Indonesia, dan Instagram: SATU_Indonesia.

Disebutkan, Dewan Juri SATU Indonesia Awards 2016 terdiri dari Prof Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana Universitas Indonesia), dan Prof Nila Moeloek (Menteri Kesehatan Republik Indonesia).

Selain keduanya juga Prof Fasli Jalal (Guru Besar Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta), Ir Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan), dan Onno W Purbo Ph.D (Pakar Teknologi Informasi). (Ganefo)