Catatan Kinerja Tahun 2022, Dishub Gresik Tambah 156 Titik PJU

  • Whatsapp

GRESIK,beritalima.com-Akhir tahun 2022
Dinas Perhubungan (Dishub) mencatat ada penambahan sebanyak 156 titik pemasangan lampu Penerangan Jalan Utama (PJU) yang tersebar di wilayah 18 kecamatan yang sudah terpasang.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabdi) Tata Kelola Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik Arditya Risdiansyah usai menggelar jumpa pers Refleksi Akhir Tahun 2022 bersama awak media yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Komunitas Wartawan Gresik (KWG), Jum’at (30/12).

“Sudah kita pasang 156 titik, itu tambahan di tahun 2022, untuk pembangunan dilaksanakan Dinas PUTR Gresik, jadi total sekitar 6000 titik,” kata Arditya.

Jumlah itu, lanjut Arditya, membutuhkan biaya perawatan (maintenance) senilai 2 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022. Termasuk untuk perawatan PJU di ruas jalan Nasional.

“Tahun ini biaya perawatan 2 miliar, itu termasuk biaya perawatan PJU nasional, karena untuk perawatannya sudah diserahkan provinsi dan ikut daerah,” terang dia.

Selain itu, Dishub Gresik juga berencana menambah PJU di tahun 2023. Saat ini, rencana penambahan PJU sebanyak 113 titik tersebut sudah memasuki tahap lelang. Jumlah itu termasuk PJU di Pulau Bawean.

“Pembangunan PJU untuk tahun 2023 sudah masuk lelang, total 113 titik termasuk Pulau Bawean 35 titik,” jelasnya.

Pihaknya menjelaskan bahwa pemasangan PJU akan terus dilakukan terutama di ruas-ruas jalan yang masih gelap. Sebab kondisi kegelapan selain bisa menimbulkan masalah kecelakaan lalu-lintas juga dapat memicu masalah-masalah kerawanan tindak kriminalitas.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait