Cek Kesehatan Tahanan Titipan, Polres Trenggalek Fasilitasi Nakes ke Rutan

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Guna memastikan keberadaan dan kesehatan para tahanan yang masih menjadi tanggung jawabnya, Polres Trenggalek fasilitasi tenaga kesehatan (nakes) ke Rutan. Hal tersebut dilakukan untuk pengecekan terhadap sejumlah tahanan yang dititipkan di Rutan Kelas IIB Trenggalek pada Senin (15/4/2024).

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, melalui Wakapolres Kompol Mohamad Khoiril, yang hadir dan memimpin langsung kegiatan tersebut mengungkapkan jika pihaknya (Polres Trenggalek) memang memiliki kewajiban terhadap para tahanan tersebut.

“Total ada 31 orang tahanan titipan. Semua dalam kondisi lengkap,” ungkap Kompol Khoiril.

Dirinya mengatakan, meski berstatus tahanan, hak-hak dasar dari para tahanan tetap diberikan. Hal tersebut merupakan wujud dari slogan mengayomi dan melayani, termasuk diantaranya terkait dengan kesehatan para tahanan.

“Oleh sebab itu, selain pengecekan fisik kita juga lakukan pemeriksaan kesehatan. Mulai dari tensinya, batuknya maupun penyakit-penyakit lainnya,” ujarnya.

Untuk mendukung hal tersebut, lanjut Kompol Khoiril, Polres Trenggalek mengerahkan sejumlah personel dari Satsamapta dan Sattahti dibantu oleh petugas internal dari Rutan. Sementara, pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh tenaga kesehatan dari Klinik Pratama Bhayangkara Polres Trenggalek yang dipimpin oleh dr. Liliek Rahju.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui tiga orang terdiagnosa mengalami gangguan kesehatan. Diantaranya, satu orang mengidap hipertensi yang merupakan penyakit bawaan, satu orang mengalami radang tenggorokan dan satu orang lagi flu biasa.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan tadi, setidaknya kita perlu mengantisipasi dengan memberikan obat dan melakukan pencegahan, jangan sampai menular ke teman-teman tahanan yang lain,” jelas Wakapolres. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait