Cerita Jasmine Ikuti Exchange di Lancaster University

  • Whatsapp

LANCASTER, Beritalima.com|
Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan salah satu program pemerintah yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar selama satu semester di kampus luar negeri. Menjadi peserta IISMA menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Demikian dengan Jasmine Bintangnya Tiandry, mahasiswa Fakultas Vokasi (FV), Universitas Airlangga (Unair).

Melalui IISMA, Jasmine berkesempatan mengikuti study outbound di Lancaster University, Inggris. Mahasiswa FV Unair itu mendarat di negara pemerintahan Raja Charles III pada 21 Agustus bulan lalu. Program yang ia ikuti itu akan berlangsung selama enam bulan kedepan hingga Desember.

Walaupun Lancaster merupakan kota kecil, namun ia memilih kampus tersebut karena memiliki management school terbaik.

“Saya ingin mendalami manajemen di salah satu program studi terbaik milik Lancaster University, supaya bisa membantu bisnis kuliner kecil milik orang tua saya nanti,” terang Jasmine.

Ikuti Tiga Kegiatan
Selama program berlangsung, mahasiswa akan mengikuti tiga kegiatan. Yaitu, Global Summer School, Study Start Programme atau pengenalan untuk pembelajaran di Lancaster University, dan Michaelmas Term atau kegiatan inti belajar mengajar yang akan dimulai pada bulan Oktober.

Pada bulan pertama, Jasmine mengikuti program summer school yang dapat konversi SKS. Selain itu, Jasmine juga telah memperoleh kelompok tutoring yang beranggotakan delapan orang untuk mendiskusikan seminar dengan dosen.

Walaupun budaya masyarakat Inggris familiar di kalangan mancanegara, Jasmine sempat mengalami culture shock karena secara fisik masyarakat Inggris berbeda dengan masyarakat Asia, khususnya Indonesia.

“Waktu pertama kali di sana, saya sering kangen dengan wajah oriental Indonesia. Ini pertama kalinya saya merasa minoritas di suatu tempat. Tetapi saya menaruh mindset bahwa semua manusia tercipta sama,” ujar Jasmien.

Jasmine berharap dapat mengaplikasikan skill manajemen dan community engagement pada kehidupan masyarakat dan karir impiannya. Serta, meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan rekan mancanegara tanpa kendala. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait