Cerita Mahasiswa SIKIA Ikuti 72nd IVSA Congress Denmark

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Mahasiswa Program Studi Kedokteran Hewan Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Universitas Airlangga Elis Sulistiyawati ikuti 72nd International Veterinary Students Association (IVSA) Congress Denmark pada Minggu (23/7/2023) hingga Kamis (3/8/2023) di University Of Copenhagen, Denmark. Dia merupakan salah satu dari tiga perwakilan mahasiswa Indonesia yang berangkat ke Nordic Country itu.

Elis menuturkan telah melakukan beberapa kali presentasi selama mengikuti kegiatan tersebut. Pertama, dia menjadi perwakilan dari LO of IVSA Equine Network Team. Kedua mewakili IVSA Symposium in Indonesia 2024. Ketiga selepas menjadi sekretaris resmi setelah mendapatkan voting dari peserta lainnya.

Dalam forum tersebut, dia berusaha mendukung Indonesia dalam pengajuan scholarship bagi mahasiswa IVSA Indonesia.

“GDP indonesia masih diatas 10 kurang dari 12. Kalo mau mengusahakan beberapa scholarship bagi IVSA Indonesia ketentuan IVSA dibawah 15,” katanya.

Selama kegiatan IVSA Congress terdapat kegiatan utama yaitu General Assembly (GA) Lectures, dan Workshops. Selain itu terdapat Mandatory Agenda seperti Cultural evening, International stand, Auction atau lelang, Formal dinner, dan White-t shirt.

Dari berbagai kegiatan yang diadakan, sosok mahasiswa Kedokteran Hewan SIKIA angkatan 2020 tersebut mengungkapkan workshop menjadi salah satu bagian yang sangat menarik dari sudut european veterinary medicine dan one health sangat maju. Berada di belahan benua biru tentu akan sangat menarik dengan perkembangan teknologi di sana.

“Kegiatan workshopnya sangat menarik dan hands on secara langsung. Ultrasonografi di sana juga keren banget tentu dengan ketersediaan alat yang canggih,” tuturnya.

Dalam kegiatan international stand tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi dirinya. Elis berkesempatan untuk dapat mencicipi berbagai makanan berbeda dari tiap negara yang hadir tanpa harus mengunjungi negara itu.

“Jadi bisa keliling tuh nyicipin makanan dari negara lain juga,” ungkapnya.

Elis mendapatkan banyak hal baru tentang ilmu penanganan one health, zoonosis dan kesejahteraan hewan. Tak hanya itu, dia juga mendapatkan pengalaman dan teman baru yang sangat menarik.

Bentuk Persiapan Menjadi OC President IVSA Indonesia
Secara personal Elis Sulistiyawati memang seringkali mengikuti berbagai kegiatan IVSA secara luring di berbagai negara sebelumnya.

Kini ia, bertindak sebagai OC President IVSA Indonesian Symposium di Bali pada 18 hingga 26 Januari 2024 menjadi salah satu motivasi berangkat ke Denmark. Sehingga dapat mempersiapkan berbagai hal untuk dapat melayani mahasiswa IVSA internasional di ajang yang akan datang itu.

“Apa yang bisa dilihat di sana dan akan dibawa ke Indonesia,” ucapnya. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait