Cintai Produk Dalam Negeri Untuk Tingkatkan Ekonomi Rakyat

  • Whatsapp

BATU, Beritalima.com |
Anggota DPRD provinsi Jatim Hari Putri Lestari SH MH atau yang biasa dipanggil HPL ini mengungkapkan, Indonesia memiliki tanah yang subur, beragam jenis tumbuhan bermanfaat tersebar di berbagai daerah. Karena itu, sudah selayaknya rakyat Indonesia mensyukuri dan mengoptimalkan kekayaan alam tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wakil ketua DPD PDIP Jatim ini mengatakan bahwa komisi E menginisiasi adanya Perda Jawa Timur nomor 6 tahun 2020 tentang Perlindungan Obat Tradisional. Karena itu, sebagai anggota komisi E HPL juga memiliki tugas memonitor dan mensosialisasikan Perda tersebut.

“Komisi E melaksanakan tugas monitoring terhadap implementasi Peraturan Daerah Jawa Timur no 6 tahun 2020, tentang Perlindungan Obat Tradisional. Tugas monitoring ini terkait peran UPT Laboratorium Herbal Materia Medica Kota Batu, dalam penanganan & pelayanan kepada masyarakat dalam penanganan pandemi Covid-19,” terang HPL.

HPL mengatakan bahwa pihaknya mendorong Pemerintah Jatim, terutama dinas kesehatan beserta UPT-UPT yang membidangi untuk meningkatkan penelitian, pengembangan penanaman tanaman obat tradisional, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan mutu obat tradisional dan penggunaan obat tradisional.

“Karena masyarakat Indonesia masih banyak yang menggunakan obat kimia dan banyak yang import, sedangkan Indonesia memiliki sumber daya dan alam yang subur, beragam tanaman, jumlah penduduk yang banyak, sehingga kita harus berupaya memanfaatkan dengan memproduksi dalam negeri,” sambung HPL.

“Sejak jaman nenek moyang yang sudah ratusan tahun menggunakan jamu /obat tradisional. Dan sudah terbukti manfaatnya, maka sudah menjadi tugas kita untuk meningkatkan produksi, kualitas dan menggunakan obat tradisional. Kita berharap suatu saat BPJS Kesehatan mengakui dan bisa diklaimkan ke BPJS atas rekomendasi para ahli /dokter,” tegasnya.

“Kita berupaya agar masyarakat mulai mengimplementasikan membeli produk milik negeri sendiri, bukan hanya sekedar
memiliki slogan Cintai Produk dalam Negeri untuk meningkatkan Ekonomi rakyat. Jangan mau kalah dengan Produk Obat China,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait