Coklit Data Pemilih, KPUD Sergai Lepas PPDP Pilgubsu 2018

  • Whatsapp

SERDANGBEDAGAI, Beritalima.com-
Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Serdang Bedagai (KPUD Sergai), Sabtu (20/1), melakuan pelepasan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) se-Kabupaten Sergai untuk melakukan gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) daftar Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018.

Pelepasan PPDP se-Kabupaten dan Tim pelaksanaan Coklit dilakukan setelah usai melakukan Apel pagi di kantor KPUD Sergai yang di pimpin Ketua KUPD Sergai, Ir. Muhammad Ridwan MP didampingi Sekretaris KPUD Sergai, Dharma Eka Subakti SE beserta seluruh Anggota Komisioner, Panitia PPK, dan Panitia PPS dan juga dihadiri Kepala Dinas Dukcapil Sergai, Fitriadi S.Sos.

Selanjutnya, tim pada pelaksanaan Coklit Nasional untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara 2018 di Serdang Bedagai, untuk mengunjugi nama-nama oleh tim petugas yang terdiri 5 tim dalam 1 tim terdiri 5 orang, kemudian tim petugas pelaksanaan Coklit Nasional juga dibagikan secara terpisah disetiap Kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai.

Tim pertama yakni di Kecamatan Perbaungan, Pegajahan dan Serba Jadi dan Tim kedua di Kecamatan Pantai Cermin, Teluk Mengkudu, Tanjung Beringgin, Tim ketiga di Kecamatan Seirampah, Tebing Tinggi, Seibamban. Tim keempat di Kecamatan Tebing Syahbandar, Dolok Merawan dan terkahir Tim kelima yakni di Kecamatan Dolok Masihul, Selinda.

“Untuk mengambil nama-nama yang akan di Coklit disetiap Kecamatan, terutama untuk Dapil tim petugas Coklit mengunjungi kediaman Bupati Serdang Bedagai Ir. H.Soekirman dan Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya SE, dan Ketua DPRD Serdang Bedagai H. Sahlan Siregar ST, Ketua MUI, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Anggota DPRD Sergai maupun Provinsi, Kadis Pendidikan,” kata Ketua KUPD Sergai, Ir. Muhammad Ridwan MP.

Menurut Ridwan, Coklit Nasional ini diadakan untuk pilkada serentak pada 2018, pada tanggal 27 Juni 2018. “Jadi hari ini kita akan melakukan Coklit Nasional secara serentak dibeberapa daerah yang sudah melaksanakan pada pagi hari ini,” ujarnya.

Lanjut Ridwan, untuk itu KPUD Sergai akan membuka kegiatan Coklit Nasional di Kabupaten Serdang Bedagai, tepatnya pada pukul 8:30 wib.

“Dan terimah kasih atas kehadiran PPDP, PPK, PPS yang mewakili dari Serdang Bedagai. Untuk itu marilah kita bekerja menyelesaikan Coklit Nasional ini dari 20 Januari sampai 18 Februari 2018,” ajak Ridwan.

Tujuan utama Coklit untuk menyusun dan memperbaiki daftar pemilih agar mendapatkan data yang akurat pada pelaksanaan Pilgubsu 2018. Teknis pelaksanaan program ini dengan cara mengerahkan Petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) ke rumah warga secara ‘door to door’.

Tugas utama PPDP mencocokan data disatukan keluarga dengan data yang disebut DP4 guna mendapatkan data pemilih.Tugasnya itu dicek dari rumah ke rumah yang sudah masuk hak pilih dari dicek tanggal lahirnya, penulisan nama, jenis kelamin dan lainya. Sebanyak 1637 petugas PPDP dari Sebanyak 1443 TPS di Kabupaten Sergai akan dikerahkan untuk mendata warga ditiap rumah,” jelas Ridwan.

Menanggapi hal ini, Kadis Dukcapil Sergai, Fitriadi S.Sos mengatakan, akan melakukan stanbay di kantor sampai malam untuk melakukan perekaman di kantor.

“Pada pilkada ini kita terus buka kantor, misalnya penduduk yang belum ada dan tidak memilki untuk persyaratan pilkada ini, dan kita utamakan untuk membuka kantor Dukcapil Sergai begitu juga di Kecamatan sudah ada 3 sampai 8 Kecamatan yang bisa melakukan perekaman,” kata Fitriadi. (Sugi)

Foto: Ketua KUPD Sergai Ir. Muhammad Ridwan MP didampingi Sekretaris KPUD Sergai Dharma Eka Subakti SE beserta seluruh Anggota Komisioner, Kepala Dinas Dukcapil Sergai Fitriadi S.Sos dan seluruh PPDP se-Kecamatan PPK, dan PPS foto bersama di kantor KPUD Serdang Bedagai.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *