CSR Pertamina Lubricants Cilacap Tumbuh Kembangkan Usaha Lingkungan

oleh -102 views
Erni Dwi Ana dan Dwi Wahyuni Agustin, montir sekaligus pemilik bengkel motor binaan PT Pertamina Lubricants Cilacap saat paparan di acara Media Gathering Pertamina MOR V Jatim BaliNus di Cilacap, Senin (15/7/2019).

CILACAP, beritalima.com | Para wiraswastawan muda binaan sekaligus penerima bantuan CSR PT Pertamina Lubricants Cilacap unjuk keberhasilan. Mereka testimoni di hadapan 40 jurnalis yang mengikuti acara Media Gathering Pertamina MOR V Jatim BaliNus di Cilacap, Senin (15/7/2019).

Para wiraswastawan muda itu di antaranya Erni Dwi Ana (18) dan Dwi Wahyuni Agustin (19), yang sama-sama belum lama lulus SMK Cilacap. Kedua gadis yang juga sama-sama buka usaha service motor ini mengaku usahanya terus berkembang berkat adanya program CSR PT Pertamina Lubricants bernama Enduros Student Program (ESP).


Erni mengaku kini sudah membuka Payau Bengkel, sedangkan Ayu (Dwi Wahyuni Agustin) menyatakan telah memiliki 2 bengkel dengan nama Dombret Motor. Dari PT Pertamina Lubricants, Erni dan Ayu mendapatkan modal berupa peralatan bengkel, mulai dari kompresor hingga semua jenis kunci dan peralatan kecil lainnya.

“Kami juga diberi bantuan pelumas yang sifatnya hibah, sehingga kami tidak perlu bingung mencari modal usaha,” ungkap Erni.

Erni menuturkan, kendati belum setahun buka bengkel, namun pelanggannya terus bertambah dan kini punya satu pegawai mekanik yang membantunya. Sedangkan Ayu malah memiliki cabang bengkel baru, bahkan akan menambah cabang baru lagi.

“Saya ingin nanti setelah menikah dan punya anak tak lagi jadi montir tetapi menjadi manager yang bisa mengelola banyak bengkel,” ujar Ayu.

Rustam Aji selaku Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V Jatim BaliNus yang mendampingi rombongan wartawan Jatim ini mengatakan, setiap anak perusahaan Pertamina memiliki program unggulan sendiri-sendiri dan diharapkan mampu memberikan dampak langsung bagi masyarakat, di antaranya menciptakan enterpreneurship baru. (Ganefo)