Cuaca Bersahabat, Ratusan Penumpang Asal Kangean Bisa Pulang Kampung

  • Whatsapp

SUMENEP, beritalima.com– Setelah berhari-hari menginap di pelabuhan Kalianget kabupaten Sumenep Madura, penumpang asal pulau Kangean hari ini diberangkatkan dari pelabuhan Kalianget menuju pulau Kangean dengan menumpang KM Dharma Bahari Sumekar 1. Jumat (04/01/19)

Ratusan penumpang tersebut tertahan di pelabuhan Kalianget akibat cuaca buruk sejak tanggal 28 Desember 2018 yang lalu, menyusul larangan berlayar dari kepala kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan kelas IV Kalianget.

Manajer operasional PT Sumekar, Bambang Supriyono SH menjelaskan bahwa ketinggian gelombang laut hari ini, berdasarkan BMKG kurang lebih 0,5-2 meter. Sedangkan kecepatan angin mencapai 24 knot dan cenderung mengalami penurunan dibandingkan hari kemarin.

“KM Dharma Bahari Sumekar 1 diberangkatkan, karena gelombang laut berkisar 0.5-2 meter ,dan itu sudah cukup aman untuk melakukan pelayaran ,” tegas Bambang.

Menurut Bambang, jumlah penumpang yang ikut berdasarkan daftar manifes sebanyak 300 orang.

“Penumpang yang ikut hari ini berjumlah 300 orang dan mayoritas pelajar yang baru bisa pulang setelah menikmati libur akhir tahun,” ujar Bambang

Berdasarkan pantauan media beritalima.com di lapangan, penumpang mulai berdatangan sejak sebelum adzan Subuh.Mereka berebutan masuk ke dalam kapal,takut tidak terangkut. Sebagian lagi memilih tidak jadi pulang karena penumpang terlalu banyak.

Salah seorang penumpang yang tidak jadi ikut KM Sumekar 1, Mohammad Fadlan menjelaskan bahwa dirinya memilih tidak ikut pelayaran hari ini, karena sudah tidak mendapatkan tempat.Sedangkan perjalanan yang akan ditempuh selama 9 jam.

“Karena tidak mendapatkan tempat tidur, saya putuskan untuk tidak ikut ,mengingat perjalanan yang akan ditempuh selama 9 jam,” ujar Fadlan.

Dia berharap kepada pihak yang berwenang agar memberangkatkan Kapal Tol laut yang notabene Kapalnya lebih besar dan tahan ombak.

“Saya berharap agar kapal tol laut yang daya muatnya lebih banyak segera diberangkatkan ke Kangean, Karena penumpang masih banyak yang tidak ikut hari ini ,” harapnya. [Fach]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *