Dampak Anjlognya KA di Tanggulangin, 933 Calon Penumpang Langsung Batalkan Tiket

  • Whatsapp

SIDOARJO, beritalima.com | Akibat anjlognya Kereta Api (KA) Pandalungan relasi Gambir – Surabaya – Jember di Emplasemen Stasiun Tanggulangin Sidoarjo pada Minggu (14/1/2024) pukul 07.57 WIB, hingga petang hari ini jalur tersebut belum bisa dilalui.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, ketika dihubungi pukul 17.25, Minggu (14/1/2024), mengatakan, proses evakuasi sarana dan perbaikan prasarana di emplasemen Stasiun Tanggulangin masih berlangsung.

Dia menegaskan, jalur KA tersebut sampai sore hari ini tidak dapat dilalui, dan pihaknya telah menginformasikan kepada calon penumpang KA bahwa sejumlah KA mengalami perubahan pola operasi perjalanan akibat peristiwa Kecelakaan Kereta Api (KKA) ini.

“Para calon pelanggan yang mengalami dampak gangguan operasional ini telah diberitahukan adanya perubahan pola operasi tersebut melalui ‘whatsapp blast,” ujar Luqman.

Dikemukakan, sebagai kompensasi bagi pelanggan, KAI telah memberikan ‘Service Recovery’ sesuai aturan yang berlaku. Mulai dari pemberian snack makanan dan minuman, pembatalan tiket 100% di luar bea pesan hingga H+7, hingga pelanggan yang dialihkan perjalanannya menggunakan moda transportasi bus atau KA lainnya.

Dia pun menyampaikan, berdasarkan data sampai pukul 17.00 WIB hari ini tercatat sebanyak 933 calon penumpang telah membatalkan tiket perjalanan KA, baik dari Stasiun Bangil, Stasiun Malang, Stasiun Mojokerto, Stasiun Surabaya Pasar Turi, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Wonokromo.

Disebutkan, hingga sore ini KAI Daop 8 Surabaya masih memberlakukan perubahan pola operasi bagi KA jarak jauh tujuan Surabaya dan Bangil. Berikut adalah KA yang memutar dari Stasiun Bangil lewat Malang dan Kertosono, yakni KA Ranggajati relasi Jember – Surabaya Gubeng – Cirebon, kemudian KA Logawa relasi Jember – Surabaya Gubeng – Purwokerto.

Selain itu KA Sritanjung relasi Ketapang – Surabaya Gubeng – Lempuyangan, KA Jayabaya relasi Malang – Surabaya Gubeng – Pasarturi – Pasarsenen, KA Wijaya Kusuma relasi Ketapang – Surabaya Gubeng – Cilacap, dan KA Pandalungan relasi Jember – Surabay Gubeng – Pasarturi – Gambir.

“Pelanggan dengan tujuan Surabaya, nantinya akan diantar menggunakan bus sebagai pengganti hingga tujuan,” tambah Luqman.

Sementara itu, sebagaimana disampaikan Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, berikut daftar perjalanan Commuter Line yang dilakukan penyesuaian perjalanan dengan membatalkan sebagian relasi perjalanannya hingga pukul 13.00 WIB.

Ada 4 KA Commuter Line Penataran relasi Blitar – Surabaya yang perjalanannya hanya sampai Bangil lalu kembali ke Blitar. Selain itu 4 KA Commuter Line Penataran relasi Surabaya – Blitar yang perjalanannya hanya sampai Sidoarjo lalu kembali ke Surabaya.

Juga 3 KA Commuter Line Supas relasi Pasuruan – Surabaya yang perjalanannya hanya sampai Bangil lalu kembali lagi ke Pasuruan. Dan 4 KA Commuter Line Supas relasi Surabaya – Pasuruan, perjalanannya hanya sampai Stasiun Sidoarjo terus kembali ke Surabaya.

Anne pun mengatakan, dalam penyesuaian pola operasi tersebut bagi para pengguna Commuter Line ini dapat membatalkan tiketnya dan mendapatkan pengembalian seluruh biaya tiket hingga H+7 di seluruh stasiun yang terdapat loket pembelian tiket.

“KAI Commuter terus berkoordinasi dengan KAI Daop 8 Surabaya untuk melakukan penyesuaian pola operasi perjalanan Commuter Line atas terganggunya perjalanan Kereta Api di Stasiun Tanggulangin hari ini,” kata Anne lewat rilis Minggu (14/1/2024) siang. (Gan)

Teks Foto: ‘Service Recovery’ KAI pada penumpang akibat peristiwa KKA di Tanggulangin, Sidoarjo, Minggu (14/1/2024).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait