Tangan & Kaki Kesemutan, Apa Tanda Diabetes

  • Whatsapp
Dr. dr. Robert Arjuna MD PhD

Oleh ;
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Ibu Siti bangun pagi merasa kedua tangan dan telapak kaki kesemutan setelah dicek dokter rupanya saraf terjepit di tulang belakang dan sedang dilakukan terapi,begitu Pak Ali yang sakit
Diabetes hampir 59 tahun mengeluh tangan kesemutan terus ini karena Diabetes Neuropati, beda dengan Bu Sopiah mengeluh tangan kesemutan karena kurang vitam8n B1 Pak Udin karena Stroke lama kedua tangan dan kaki terasa kesemutan terus. Bu Tuti mengeluh suka kesemutan asal bangun pagi,karena sakit Diabetes Mellitus puluhan tahun .begitu juga Bu Anis yang kedua kaki tangan suka gelinginan karena pernah stroke selama se bulan.

Dan Suatu minggu pagi si iwan merasa lengan kanan kesemutan berat minta diurut maupun diobati rupanya karena ulah malam minggu sedang asyik berpacaran, lengan kanan atas menapah kepala pacarnya yang cukup lama dikenal istilah medis ” Saturday nite syndrome” penyakit kesemutan di malam minggu berbeda dengan mamanya bu Safia yang baru ikut berolahraga sepeda mengeluh kedua tungkai merasa kesemutan Berbeda dengan pak Charlie yang stroke lama tergeletak diranjang mengeluh sepanjang hari kesemutan kedua tungkai maupun lengan kiri kanan. Jadi apa yang dikatakan kesemutan , apakah ini sesuatu penyakit atau sebuah pembawa dari pekerjaan. Kamu bisa lemas mengetahui apakah sedanmengalami kesemutan atau tidak dari beberapa gejalanya, seperti tangan atau kaki terasa terasa geli tiba-tiba; bagian tubuh terasa dingin rasanya seperti ditusuki jarum kecil; hingga mati rasa.Maka begitu ramainya manusia mengeluh tangan kesemutan belum tentu karena Diabetes bisa berasal dari faktor lain, kami tertarik mengajak anda membahas bersama……..

Kesemutan merupakan kondisi yang sangat umum terjadi. Ada bersifat sementara dan ada bersifat sepanjang masa Kita semua pasti pernah mengalaminya. penyebab kesemutan pun beragam. Meski terlihat ringan dan dapat hilang dengan sendirinya,kondisi ini tidak dapat disepelekan karena bisa saja menjadi tanda adanya penyakit tertentu. Kesemutan, atau dalam istilah medis disebut parestesia, umumnya ditandai dengan rasa kebas atau mati rasa yang disertai sensasi seperti tertusuk jarum. Kondisi ini dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering terjadi di tangan dan kaki. Sebagian besar kasus kesemutan bersifat sementara. Namun, jika kesemutan yang kamu alami semakin parah dan disertai gejala lain, seperti pusing, kejang otot, dan tubuh terasa lemah, segera periksakan diri ke doktermu agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.

PENYEBAB KESEMUTAN
Kesemutan ada yang bersifat sementara dan ada pula yang berkepanjangan (parestesia kronis), tergantung penyebab yang mendasarinya. Kesemutan sementara terjadi akibat adanya tekanan di bagian tubuh tertentu dalam waktu lama. Hal ini membuat aliran darah ke saraf menjadi terhambat sehingga terjadilah kesemutan sementara,

Penyebab paling umum tangan kebas & kesemutan adalah karena carpal tunnel syndrome. Kondisi tersebut terjadi karena adanya penekanan pada bagian saraf median yang disebabkan oleh kebiasaan yang buruk, ataupun pertanda adanya diagnosis penyakit lain seperti hipotiroid dan sejenisnya. Sensasi kaku dan kram jari seperti ibu jari, telunjuk, jari tengah dan separuh dari jari manis dapat disebabkan oleh carpal tunnel syndrome. Jepitan saraf pada bagian tulang belakang juga dapat menyebabkan ujung jari tangan kebas & kesemutan. Misalnya pada spondilosis servikal, herniasi diskus, atau cedera leher.

Adaa beberapa jenis penyakit neuropati perifer, hingga penyakit jantung. Kesemutan juga bisa jadi tanda peredaran darah kurang lancar. Kamu juga perlu waspada bila kesemutan disertai rasa sakit, gatal, mati rasa, dan pengecilan otot. Gejala-gejala tersebut menjadi pertanda gangguan penyakit tertentu. Mulai dari kerusakan saraf, infeksi bakteri, dan penyakit diabetes.

PENYEBAB KESEMUTAN
1. Lepra
2. Asam Urat
3. Neuropati
4. Obesitas.
5. Vaskulitis
6. Epikondilitis
7. Cedera saraf
8. Diiabetes Mellitu
9. Gangguan Tiroid
10. Penyakit stroke
11. Penyakit Carpal Tunnel
12. Penyakit Ginjal Kronis
13. Serangan Jantung
14. Frostbite (radang dingin)
15. Kekurangan Vitamin B12
16. Rhematoid Arthritis (Reumatik)
17. Peredaran Darah Tidak Lancar
18. Posisi tidur yang buruk.
19. Terlalu lama duduk diam.
20. Memiliki kebiasaan merokok.
21. Gaya hidup sedentary.
22. Duduk bersila dalam waktu lama
23. Penggunaan sepatu yang terlalu kecil
24. Hernia Nukleus Pulposus(Saraf Kejepit)
25. Tidur dengan posisi kepala menindih lengan
26. Sering melakukan gerakan berulang. Seperti mengetik, menulis, dan memotong
27. Sindrom Raynaud. Sindrom ini dapat memengaruhi pasokan darah ke area tertentu pada tubuh, terutama ujung jari tangan dan kaki.

PEMERIKSAAN LABORATORIUM
1. tes darah lengkap
2. tes elektromiogram (EMG),
3. pemeriksaan cairan serebrospinal,
4. MRI, dan biopsi

PENANGAN KESEMUTAN:
1. Kompres Hangat
2. Coba Terapi Pijat
3. Berolahraga secara rutin
4. Menjaga berat badan ideal
5. Gunakan Minyak Esensial
6. Konsumsi Cuka Sari Apel
7. Mandi dengan Garam Epsom
8. Menghentikan kebiasaan merokok
9. Mengonsumsi makanan bernutrisi
10. Membatasi konsumsi minuman beralkohol.
11. Tingkatkan komsumsi Vitamin B dan Magnesium
12. Mengonsumsi obat yang diresepkan secara rutin, bila memiliki penyakit kronis seperti diabetes atau hipertensi

PENCEGAHAN
1. Istirahat yang cukup.
2. Batasi gerakan konstan.
3. Bergeraklah setiap 30-60 menit jika telah duduk lama.
4. Gunakan penyangga pergelangan tangan seperti belat di malam hari untuk meredakan kompresi saraf.
5. Lakukan latihan peregangan secara teratur seperti rotasi bahu, mengangkat leher, menekuk, dan gerakan pergelangan kaki untuk meningkatkan sirkulasi darah.
6. Makanlah makanan yang sehat dan seimbang yang sarat dengan vitamin dan mineral penting untuk meningkatkan fungsi normal tubuh.
7. Lakukan suasana yoga sederhana seperti peregangan leher dan punggung, memiringkan panggul untuk memulihkan sirkulasi darah dan mencegah sensasi kesemutan.

Demikian agar dimaklumi,sekilas info dan terimakasih.
RobertoNews 1747 《 15 .1.24 (08.20)》
• Praktisi Dokter dan Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait